Surabaya, pens.ac.id – Kegiatan wirausaha kian meningkat setiap tahunnya, terlebih lagi pemerintah yang terus memberikan dukungan dengan memberikan dana bagi mahasiswa dengan ide bisnis terbaiknya. Dalam upaya mendukung program tersebut, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah usai menyelenggarakan Sosialisasi Program Kewirausahaan Mahasiswa Vokasi (PKMV) pada Rabu (26/8). Dihelat secara daring melalui aplikasi video conference Webex, kegiatan diikuti oleh Mahasiswa PENS dari berbagai jurusan.

Dimulai pada pukul 10.00 WIB, kegiatan dibuka oleh Ir. Anang Budikarso, M.T. selaku Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan. Sosialisasi ini bertujuan untuk memperkenalkan program kewirausahaan baru yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang dikhususkan untuk mahasiswa vokasi. Para peserta yang ikut berpartisipasi pada kegiatan ini, berkesempatan dibina langsung oleh Diah Septi Yanaratri, S.ST., M.T yang juga merupakan Pembina Kewirausahaan PENS.

Memasuki acara inti, terdapat  pemaparan mengenai PKMV ini, yang mana dijelaskan mengenai mekanisme perlombaan secara garis besar seperti syarat dan ketentuan calon pelaksana, proses seleksi dan jadwal kegiatan PKMV 2020. Tidak hanya itu, aspek penilaian mulai dari proses seleksi, format proposal, serta beberapa point penting lainnya turut dijelaskan secara detail. Adanya kegiatan ini, tentunya juga menjadi pembekalan bagi mahasiswa yang berminat untuk mengikuti PKMV tersebut.

Dipenghujung kegiatan, terdapat sesi tanya jawab. Para peserta pun turut bergantian untuk melontarkan pertanyaannya. Dengan dihelatnya kegiatan ini, diharapkan dapat memberi kesepahaman serta motivasi untuk mahasiswa yang ingin mengembangkan minat dan bakatnya dalam bidang kewirausahaan. Sebelum kegaiatan berakhir, Diah Septi Yanaratri, S.ST., M.T turut memberikan semangat dan juga reminder terhadap seluruh peserta yang  hadir pada sosialisasi ini. (kik/umi)