Surabaya, pens.ac.id – Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMIT) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah usai menghelat webinar yang berlangsung selama dua hari (22-23/8). Dengan mengusung tema yang berbeda, HIMIT PENS mendatangkan dua pemateri yakni Dimas Rangga selaku Android Developer serta Mochamad Lucky Pradana selaku Mobile Engineer. Diselenggarakan secara daring via Webex juga YouTube, kegiatan terbuka untuk umum.

Pada hari pertama, kegiatan dimulai pukul 08.30 WIB. Terdapat sambutan oleh Kepala Departemen Teknik Informatika dan Komputer, Tri Harsono, S.Si, M.Kom., Ph.D yang dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Dimas Rangga. Webinar yang berbasis semi workshop ini bertajuk “Mobile Chat App with Kotlin”. Melalui webinar ini, para peserta dibekali pelatihan mengenai cara membuat Chat App menggunakan bahasa pemrograman Kotlin.

Pada hari kedua,  M. Udin Harun Al Rasyid, S.Kom., Ph.D. selaku Ketua Program Studi D4 Teknik Informatika turut hadir dan memberikan sambutan. Masuk pada inti kegiatan, Lucky Pradana mulai memaparkan materinya yang bertajuk “Mobile Chat App with Flutter”. Kali ini pelatihan pembuatan Chat App dilakukan menggunakan Flutter dan Firebase.

Semangat dan antusias peserta semakin terlihat pada saat sesi tanya jawab yang dibuka oleh MC. Sesi tanya jawab ini dilakukan dengan memanfaatkan fitur kolom chat pada aplikasi Zoom atau live chat YouTube. Di penghujung kegiatan, panitia membagikan License JetBrains dari Android Dev untuk satu peserta dengan pertanyaan terbaik. Kegiatan ditutup dengan sesi foto secara virtual oleh seluruh partisipan yang hadir pada webinar kali ini. (kik/res)