Surabaya, pens.ac.id – Prestasi membanggakan kembali diraih oleh Tim Tulibot Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), pada ajang Developer Student Clubs Solution Challenge 2020 atau DSC Solution Challange 2020 yang diadakan oleh Google Developers. Tim Tulibot PENS yang bersaing dengan tim dari 98 negara lainnya, berhasil meraih gelar Top 10 Winners Solution Challenge. Anggota Tim Tulibot yang mengikuti ajang ini terdiri dari empat mahasiswa PENS, yakni Pravasta Caraka Bramastagiri, Eva Rahmadanti, Namira Rizqi Annisa, dan Muhammad Alan Nur.

The Solution Challenge merupakan kontes tahunan yang diadakan oleh DSC Google Developers dengan mengundang mahasiswa untuk mengembangkan solusi terhadap masalah komunitas lokal menggunakan satu atau pun beberapa produk atau platform Google. DSC Google Developers sendiri merupakan kelompok komunitas berbasis universitas bagi mahasiswa yang tertarik dengan teknologi pengembangan Google. DSC Google Developers hadir untuk membantu mahasiswa menjembatani kesenjangan antara teori dan praktik, terutama dalam mengembangkan potensi dan kemampuan pada pengembangan seluler dan website.

Dalam mengikut kompetisi ini, Tim Tulibot PENS harus melewati beberapa tahapan, seperti tahap registrasi dan tahap pengumpulan paper mengenai Tulibot, video demonstrasi serta mock up alat juga aplikasi. Setelah dinyatakan lolos, berikutnya Tim Tulibot PENS bersiap diri untuk melangkah ke tahap selanjutnya yakni presentasi. Semua tahapan yang ada dipersiapkan dengan matang oleh Tim Tulibot PENS, terlebih karena kompetisi ini dihelat dalam situasi pandemi Covid-19 yang menyebabkan diselenggarakannya seluruh tahapan secara online atau daring.

Salah satu anggota Tim Tulibot PENS, Namira Rizqi Annisa menyampaikan, pada perhelatan ini ia beserta tim tetap menyajikan produk unggulan yakni alat bantu komunikasi untuk penyandang tunarungu atau teman tuli berupa kombinasi antara smart glasses, smart gloves, dan aplikasi. “Saat mengikuti kompetisi ini, kami berupaya untuk mengembangkan fitur baru pada aplikasinya, dimana dapat membantu tema tuli berkomunikasi dalam suatu grup,” ujar Namira. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai Tulibot, masyarakat umum dapat mengikuti acara Developer Student Clubs 2020 Solution Challenge Demo Day yang dihelat pada Rabu (26/8) secara live streaming di channel YouTube Google Developers.(raf/msa)