Surabaya, pens.ac.id – Mengakhiri semester genap tahun ajaran 2019/2020, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah usai menyelenggarakan Sidang Proyek Akhir (PA), bagi Mahasiswa Program Diploma III angkatan 2017 dan Program Sarjana Terapan angkatan 2016. Dilaksanakan selama lima hari terhitung sejak Selasa (21-25/7), kegiatan ini diselenggarakan secara daring. Kegiatan berlangsung lancar dengan diikuti peserta, dua dosen pembimbing, dan tiga dosen penguji.

Sidang Proyek Akhir kali ini sedikit berbeda karena sistem pelaksanaannya secara online. Pada kesempatan tersebut, mahasiswa tingkat akhir mempresentasikan materi proyek yang telah dikerjakan melalui aplikasi daring, yang kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab di hadapan dosen pembimbing beserta dosen penguji.

Suasana tegang yang setiap tahun nampak, kali ini sedikit dapat dikurangi. Hal ini dikarenakan prosesi sidang yang dapat dilakukan dimana saja menyebabkan para mahasiswa dapat didampingi keluarga, kerabat, atau saudara. Sehingga mereka dapat merasakan support dan dukungan orang-orang terdekat, secara langsung.

Segala proses dan juga persiapan hingga Sidang Proyek Akhir dilaksanakan, telah dilakukan secara daring. Persiapan tersebut meliputi konsultasi dengan dosen pembimbing, kelengkapan berkas, video demo, video presentasi, buku, hingga jurnal.  “Hal ini cukup menantang bagi mahasiswa, karena dituntut untuk selalu siap akan segala kemungkinan pada situasi seperti sekarang ini,” ujar Mahasiswa dari Prodi Teknik Telekomunikasi, Herbandhu Sutyo Negoro.

Kegiatan ini merupakan salah satu tahap dari uji kelayakan atas kelulusan mahasiswa. Melalui sidang tersebut, para mahasiswa dapat melakukan beberapa perbaikan atas proyek akhir mereka hingga didapat hasil sesuai yang diinginkan. Pada kondisi seperti sekarang ini, diharapkan mahasiswa tetap dapat menyelesaikan tugas akhirnya dengan tuntas sampai tiba pada momen kelulusan yakni Wisuda PENS ke-14. (zah/msa)

wpChatIcon
EnglishIndonesian