Surabaya, pens.ac.id – Jumat (3/5), PENS International Cooperation Office (PICO) telah usai menggelar kegiatan “Sharing Session Eps.5” bertajuk International Sharing Session Webinar Online Classes Across The Globe : Strategies in Teaching EFL Through The Pandemic. Kegiatan ini menghadirkan tiga panelis dari tiga negara yakni Prof. Ai Takahashi dari Iwate University Jepang, Dr. Christine N. Ferrer dari Tarlac Agricultural University Filipina, dan Ms. Puspa a/p Perumal, M.A dari Politeknik Metro Tasek Gelugor, Pulau Pinang, Malaysia. Sebanyak lebih dari 500 partisipan tergabung dalam seminar internasional ini, baik melalui aplikasi video conference Cisco Webex maupun live streaming melalui channel Youtube resmi PICO PENS.

Kegiatan secara resmi dibuka oleh Dr. Zainal Arief, S.T., M.T. selaku Direktur PENS pada pukul 13.15 WIB. Dalam sambutannya, Dr. Zainal Arief menjelaskan bahwa webinar ini merupakan salah satu dari banyak serangkaian kegiatan Dies Natalis PENS ke-32. Selain itu, Direktur PENS berharap semua partisipan mendapatkan manfaat dari diadakannya webinar ini, mengingat topik diskusi yang dibawakan oleh panelis sangat relevan dengan kondisi pendidikan dunia ditengah pandemi Covid-19.

Sebanyak empat topik diskusi dibahas dalam webinar ini, keseluruhan topik tersebut membahas mengenai solusi dalam menyelesaikan berbagai tantangan dalam mengajar bahasa inggris sebagai bahasa asing selama pandemi Covid-19. Para panelis mengemukakan apa saja tantangan dalam proses belajar bahasa inggris di negara tempat Ia mengajar dan strategi penyelesaiannya. Tidak hanya itu, terdapat juga pemaparan panelis mengenai pendekatan pengajaran bahasa inggris sebagai bahasa asing untuk mahasiswa teknik beserta dengan sumber-sumber belajar terpercaya yang dapat membantu proses belajar mengajar.

Selama kegiatan berlangsung, partisipan juga dapat menuliskan pertanyaan kepada panelis yang dibacakan oleh moderator setelah seluruh panelis selesai menyampaikan materinya. Selanjutnya, kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama secara virtual. Hal tersebut tentunya membuat kegiatan terlihat interaktif meskipun dihelat secara daring.(raf/msa)