Surabaya, pens.ac.id – Perluas kerjasama dengan perusahaan luar negeri dan tetap menerapkan kebijakan physical distancing karena pandemi Covid-19. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) menggelar diskusi dan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan G-Environment Energy Solutions Pte. Ltd, Singapore (GENES) secara daring. Penandatanganan MoU diselenggarakan pada Selasa (07/07), di Ruang Rapat lantai 2 Gedung Pascasarjana PENS. Dr. Zainal Arief, S.T., M.T., selaku Direktur PENS turut hadir dalam acara ini serta jajaran Wakil Direktur, jajaran Kepala Departemen, Kepala Unit Urusan Internasional Amang Sudarsono, ST, Ph.D, Kepala Departemen dan Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Dr. Ir. Anang Tjahjono, MT.

GENES adalah Perusahaan yang bergerak dibidang jasa audit energi dan pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) bidang energi tenaga surya (PLTS). Perusahaan ini berlokasi di 7 Mandai Link, #09-18/19, Mandai Connection, Singapura. Perlunya kolaborasi ini guna menunjang proses belajar mengajar dan peningkatan kualitas SDM yang berkelanjutan dalam melakukan pelatihan / workshop audit energi dan pengembangan energy baru terbarukan pada bidang energi surya (PLTS).

Dalam menjalin kerja sama kali ini sama seperti MoU sebelumnya, dilakukan secara video conference dan berada di lokasi yang berbeda. Dibuka oleh Dr. Zainal Arief, S.T., M.T., selaku Direktur PENS pada pukul 10.00 WIB, serta sambutan dari Azhar bin Othman selaku Direktur Utama GENES dan dilanjutkan diskusi bersama pembahasan dan pengembangan kerjasama.

Kerjasama ini dibuat bertujuan untuk membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk melakukan Kerja Praktik di GENES. Untuk lulusan atau Alumni PENS, kerjasama ini juga diharapkan dapat memberi peluang pada proses rekrutmen perusahaan. “Diharapkan, dengan adanya kolaborasi dan kerjasama ini dapat memberi manfaat bagi GENES dan PENS, terutama dalam kolaborasi riset terapan dan pengembangan energi baru terbarukan bidang energi surya (PLTS). ujar Dr. Zainal Arief. (Hum)