Surabaya, pens.ac.id – Sebagai salah satu bentuk kerjasama antara DANA Indonesia dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Prodi Teknik Informatika (IT) telah usai menyelenggarakan Webinar Kuliah Tamu Online pada Rabu (24/6). Mengusung topik “Fintech dalam Mendukung Revolusi Industri 4.0”, kegiatan ini turut menghadirkan Norman Sasono selaku Chief Technology Officer (CTO) DANA Indonesia sebagai pembicara. Selain itu, hadir pula dosen dan mahasiswa IT PENS dari berbagai angkatan sebagai peserta kuliah tamu ini.

Kegiatan tersebut dibuka oleh moderator yakni Muarifin, SST., MT., yang sekaligus memberikan paparan singkat mengenai kuliah tamu ini hingga tata tertib bagi peserta yang hadir. Dilanjutkan dengan sambutan dari Tri Harsono, S.Si, M.Kom., Ph.D , selaku Kepala Departemen Teknik Informatika dan Komputer PENS. Hadir pula Ketua Program Studi D4 Teknik Informatika, M. Udin Harun Al Rasyid , S.Kom., Ph.D., dan Ketua Program Studi D3 Teknik Informatika, Nur Rosyid Mubtada’i, S.Kom., MT.

Sebagai pengantar, pihak DANA Indonesia, Shela Natasha dan Norman Sasono, memberikan sertifikat kolaborasi kepada PENS sebagai universitas yang telah menjadi partner DANA Indonesia untuk sektor pendidikan. Selanjutnya, Norman Sasono selaku narasumber memaparkan berbagai hal berkaitan dengan topik yang diusung. Beliau menjelaskan berbagai keadaan dan media pembayaran saat ini, perkembangan metode pembayaran mulai barter hingga digital, resiko dan keamanan pembayaran digital, hingga peran pemerintah dan juga teknologi terkait yang digunakan.

Sebelum mengakhiri materi, Norman Sasono mengatakan, “Salah satu cara untuk membedakan kita dengan orang-orang pintar lainnya adalah  dengan seberapa besar kesediaan kita dalam memberikan usaha,”. Usai penyampaian materi, peserta kuliah tamu berkesampatan untuk memberikan beberapa pertanyaan kepada narasumber yang dipandu oleh Udin Harun. Kemudian kegiatan ini ditutup oleh moderator dengan menyampaikan harapan kedepan bagi PENS juga DANA Indonesia. (zah/msa)