Surabaya, pens.ac.id – Kebijakan physical distancing karena pandemi Covid-19 tidak lantas menghalangi upaya untuk memperluas kerjasama dengan berbagai perusahaan, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) menggelar diskusi dan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT.Garam (Persero) secara daring. Penandatanganan MoU ini diselenggarakan pada Rabu (20/05), di Ruang Rapat lantai 2 Gedung Pascasarjana PENS. Pada sesi penandatangan MoU, DR. Zainal Arief, S.T., M.T., selaku Direktur PENS turut didampingi oleh jajaran Wakil Direktur serta Kepala Pascasarjana Iwan Syarief, S.Kom, M.Kom, M.Sc., Ph.D. , Kepala Departemen dan Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Dr. Ir. Anang Tjahjono, MT.

PT. Garam adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang produksi dan pemasaran garam untuk bahan baku industri dan garam olahan untuk konsumsi. Didirikan pada tahun 1991 yang berkantor pusat di Sumenep, Madura, Jawa Timur ini menilai perlunya kolaborasi penelitian utamanya pengembangan PT. Garam dengan IoT yang didukung oleh PENS.

Yang berbeda dalam menjalin kerja sama kali ini, dilakukan secara video conference dan berada di lokasi yang berbeda. Dibuka oleh Dr. Zainal Arief, S.T., M.T., selaku Direktur PENS pada pukul 10.00 WIB, sambutan dari Hartono selaku Direktur Operasional PT. Garam dan dilanjutkan diskusi bersama pembahasan dan pengembangan kerjasama.

Kerjasama ini membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk melakukan Kerja Praktik di PT. Garam. Untuk lulusan atau Alumni PENS, kerjasama ini juga diharapkan dapat memberi peluang pada proses recruitment di perusahaan ini. “Diharapkan, dengan adanya kolaborasi dan kerjasama ini dapat memberi manfaat bagi PT. Garam dan PENS, terutama dalam persoalan kolaborasi riset terapan dan pengembangan produk inovasi teknologi. ujar Dr. Zainal Arief. (Hum)