Surabaya, pens.ac.id – Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama dan upaya pencegahan virus Corona atau COVID-19, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) membagikan disinfektan dan masker medis di empat puskesmas yang berada tidak jauh dari PENS, Senin (13/04).

Direktur PENS Dr. Zainal Arief, ST, MT mengatakan bahwa empat puskesmas yang mendapat bantuan diantaranya Puskesmas Mulyorejo, Puskesma Keputih, Puskesmas Klampis Ngasem dan Puskesmas Gebang. “Kita berkontribusi bersama-sama untuk ikut berperan dalam pencegahan. Selain itu kita juga memberi bantuan disinfektan dan masker medis kepada puskesmas sekitar” Ujar Dr. Zainal.

Sementara itu menurut Kasubbag Tata Usaha Puskesmas Klampis Ngasem, puskesmas membutuhkan peralatan medis guna pencegahan dan penaganan pasien yang diduga memiliki gejala. “Masker ini sangat bermanfat untuk petugas, semoga nantinya bantuan ini dapat menjadi barokah dan kita sebagai tenaga kesehatan dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat” Ujarnya.

Dr. Zainal Arief juga menambahkan bahwa puskesmas berperan penting dalam memberikan pelayanan sebelum di rujuk ke rumah sakit. Sehingga tahap awal men-support puskesmas terlebih dahulu. Dan rencana kedepan akan memberikan bantuan untuk rumah sakit seperti goggles dan masker. “Di masa krisis ini, kita perlu juga meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat sebagai bagian dari kecerdasan sosial” Pungkas Dr. Zainal. (Hum)