Madura, pens.ac.id – Tiga mahasiswa Progam Studi Teknik Elektro Industri Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) yaitu Aidil Akbar, Alfina Atikakhairun Nisa, dan Rania Okita Wimara berhasil meraih Juara Kedua pada ajang Health Essay National Competition (HENCO) 2020. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ngudia Husada Madura pada Senin (16/3) ini, bertemakan “Green Innovation of Sustainable Technologi for Indonesia 2025”. Karya yang berhasil memenangkan perlombaan ini mengusung tentang pengaplikasian energi terbarukan pada bidang pertanian.

Karya yang dibawa oleh ketiga mahasiswa ini berjudul “FAT-RAT : Portable Box With Term Intensity Control for Ruining Agricultural Pest Using Eco-Friendly Ultrasonic Waves Based On Arduino Atmega328”. Esai mereka membahas mengenai alat pengusir hama pertanian dengan memanfaatkan gelombang ultrasonik yang ramah lingkungan. Selain itu, dijelaskan pula bahwa alat ini memanfaatkan photovoltaic atau sel surya sebagai sumber energi listrik yang efisien sehingga dapat digunakan saat kondisi hujan ataupun malam hari.

Karya imi dilatar belakangi oleh persoalan petani yang mengeluhkan masalah hama seperti tikus, burung, dan wereng yang menyebabkan terjadi gagal panen. Untuk membasmi hama tersebut, saat ini petani masih banyak menggunakan pestisida yang berlebihan sehingga dapat menyebabkan dampak buruk bagi lingkungan. “Tim kami meriset dan menemukan bahwa tiap hama memiliki ambang batas pendengaran masing-masing, apabila sensor dalam alat kami mendeteksi adanya hama maka hama tersebut akan terganggu atau bisa saja mati,” ujar Alfina.

Dengan adanya gagasan alat yang dibuat oleh tim ini, diharapkan kedepannya dapat diimplementasikan oleh petani Indonesia untuk mengatasi persoalan gagal panen karena hama. Tidak hanya itu, diharapkan karya ini dapat mewujudkan sustainable technology 2025 di Indonesia. “Semoga kita bisa mengembangkan alat ini dan juga bisa langsung memberikan edukasi kepada petani modern,” tutur Aidil Akbar.(raf/tts)