Surabaya, pens.ac.id – Eepis English Community Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (E2C PENS) berhasil membawa pulang juara tiga diajang lomba debat bahasa inggris, yang diadakan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) dalam rangka Diesnatalis yang ke 54, Selasa (10/3) di Auditorium P. Nipa kampus STTAL. Kompetisi debat bahasa inggris ini di ikuti 22 tim dari berbagai kampus se-Jawa yang berlangsung selama dua hari. Lomba ini diadakan bertujuan untuk memperluas wawasan cakrawala pengetahuan dan meningkatkan kemampuan para mahasiswa tentang materi debat yang membahas isu perkembangan, pengetahuan, dan teknologi di era informasi global.

Dari tim E2C PENS sendiri diwakili oleh Clifford Jason Taco, Abdul Hakim Azis, dan M. Dhiyaul Haqi. Jason Taco sebagai first speaker dalam lomba debat bahasa inggris mengatakan bahwa pada tahun ini dirinya dan tim pertama kali mendapat juara, sedangkan tahun sebelumnya harus terhenti dalam 16 besar.”Pada saat kompetisi berlangsung temanya selalu berganti-ganti dalam setiap tahap, bahkan tahap final tema yang diusung itu tentang corona virus. Jadi dari kita sendiri juga harus mempunyai wawasan luas dan kemampuan analisis”. Ujar Jason

Dalam lomba debat bahasa inggris di STTAL tahun ini, mayoritas dari kampus yang ada di Jawa Timur, sedangkan sisanya ada dari Jakarta, Bandung dan Yogyakarta. Sistem lomba debat menggunakan Asian Parliementary System with POI, pada masing-masing tim terdiri dari 3 orang (1st, 2nd, 3rd speakers). Setiap babak ada dua tim yang bertanding dan dinilai oleh dewan juri. Selanjutnya pemenang diambil berdasarkan pengumpulan nilai terbanyak dan sistem gugur.

Jason berharap, pada saat kompetisi tingkat nasional nantinya bisa melakukan yang terbaik dan dapat berkontribusi secara maksimal. (Hum)