Surabaya, pens.ac.id – Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah meyelenggarakan sosialisasi program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) dan Aliansi tujuh SEAMEO Center di ruang mini teater lantai 6 gedung pascasarjana, Rabu (4/3). Acara ini dihadiri Direktur PENS, para Wadir, Kepala Program PJJ, SEAMEO Center dan juga Kepala Sekolah SMK serta SMA yang turut hadir. Acara ini dilakukan bertujuan untuk memperkenalkan program PJJ dan aplikasi ETHOL.

Dr. Zainal Arief selaku Direktur  membuka acara sosialisasi ini dengan perkenalan singkat mengenai pendidikan jarak jauh, Dimana PENS telah mendapat izin untuk menyelenggarakan PJJ dengan program studi D3 teknik informatika dan D4 teknik telekomunikasi yang telah mendapat akreditasi “B” dari BAN-PT. Untuk memberikan akses pendidikan pada para peserta didik yang ingin melanjutkan ke pendidikan tinggi.”Dengan adanya pendidikan jarak jauh ini membuka akses kepada calon mahasiswa, karena program ini tidak tergantung pada tempat maupun waktu dalam proses belajar mengajar, sehingga calon mahasiswa dapat belajar dari tempat tinggal tanpa harus menuju ke kampus utama”. Ujar Direktur PENS

Disamping itu, tentunya terus menjaga mutu dan tetap memenuhi standar. Terlebih lagi untuk jenis pendidikan vokasi yang diharuskan ada porsi keterampilan yang diberikan kepada peserta didik, dimana tetap diberikan porsi pembekalan yaitu keterampilan. Salah satu cara izin yang menjamin mutu yang diberikan di PJJ dalam hal keterampilan itu terjamin dengan Unit Sumber Belajar Jarak Jauh (USBJJ).

Tidak hanya itu, Koordinator PJJ Reesa Akbar Ph.D. juga menjadi pembicara dalam sosialisasi ini untuk membahas mengenai apa itu PJJ dan memperkenalkan aplikasi sistem pembelajaran ETHOL kepada Kepala Sekolah SMK mapun SMA yang hadir. Menariknya sistem pembelajaran tidak diharuskan berada di ruang kelas, melainkan dapat dilakukan dimanapun dengan video live online learning antara dosen dan mahasiswa dapat bertatap muka secara langsung. (Hum)