Surabaya, pens.ac.id – Guna mengoptimalkan pelaksanaan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah usai menyelenggarakan Seleksi 1 : Presentasi Proposal Usaha, pada Rabu (26/2). Bertempat di tiga ruang berbeda pada lantai 5 Gedung Pascasarjana PENS, kegiatan ini diikuti oleh 36 tim peserta mahasiswa aktif PENS dari berbagai angkatan pada ajang PMW 2020.

Kegiatan tersebut merupakan seleksi pertama dari serangkaian seleksi PMW tahun ini. Turut mengundang beberapa dewan juri, peserta menunjukkan karya wirausaha terbaik yang dimilikinya. Menurut Ferdyansyah Andi selaku penanggung jawab kegiatan, seleksi ini bertujuan untuk mengembangkan bakat-bakat wirausaha dan menyeleksi tim dengan usahanya yang telah siap untuk selanjutnya dapat dibiayai dalam pengembangannya.

Sebelum sampai ditahap ini, peserta diwajibkan untuk melakukan pengumpulan proposal usaha yang akan atau tengah dilakukan. Hingga ditahap seleksi satu ini, peserta menjelaskan lebih jauh mengenai deskripsi usaha yang mereka jalankan mulai dari produk yang dihasilkan, latar belakang usaha, target pasar, hingga metode marketing yang digunakan. Selain itu, para peserta juga menjelaskan tujuan dan harapan dalam mengikuti PMW ini.

Bagi Mukhammad Rafiq Muzakki selaku salah satu peserta, dengan adanya PMW secara tidak langsung dapat meningkatkan jiwa kewirausahaan mahasiswa. “Kegiatan ini juga menunjukkan bahwa PENS sangat menghargai usaha-usaha yg dirintis oleh mahasiswanya,” imbuhnya. Tidak hanya itu, kegiatan ini merupakan salah satu jalan atau fasilitas yang dapat ditempuh bagi para pengusaha muda atau pemula yang ingin merintis usahanya agar lebih maksimal.

Setelah tahap ini, para peserta akan di hadapkan dengan sesi coaching dengan para pengusaha sukses untuk berbagi tips dan motivasi mempertahankan suatu usaha. Para peserta berharap, melalui kegiatan ini diharapkan agar implementasi rencana usahanya dapat segera dilaksanakan, agar progress usaha yang mereka ciptakan dapat terus meningkat. Sehingga tujuan-tujuan yang telah direncanakan dapat dicapai. (zah/dya)