Surabaya, pens.ac.id – Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah menggelar acara Seminar dan Workshop pendidikan dengan tema “Game-Based Education, Peluang Baru di Paradigma Pendidikan 4.0”. Acara ini diselenggarakan di Auditorium PENS lantai 6 Gedung Pasca Sarjana, Kamis (27/02). Dengan pembicara CEO I Can Do Syaiful Lokan dan Dosen PENS dari prodi teknologi game Mohamad Safrodin, B.Sc, MT.

Acara ini dihadiri kurang lebih 200 peserta dari guru pendidikan anak usia dini (PAUD). Artiarini Kusuma S.ST., MT. salah satu dosen PENS dan juga panitia acara ini mengatakan acara ini dilaksanakan bertujuan untuk membantu guru-guru PAUD dalam proses belajar mengajar. “Tentunya ini menjadi tantangan bagi kami dari dosen prodi teknologi game dalam mengembangkan game yang sesuai dengan anak usia dini”. Ujar Tia MT.

Di seminar ini juga CEO dari ICANDO Syaiful memperkenalkan sebuah game besutannya mengenai pembelajaran bagi anak-anak usia dini kepada guru-guru PAUD yang hadir. Aplikasi ini sudah tersedia Google Play Store dan sudah di unduh lebih dari 10 ribu orang. Syaiful juga mengatakan aplikasi ini dapat dimainkan untuk anak-anak mulai usia persiapan sekolah dengan konten yang berfokus kepada keterampilan, membaca, menulis, berhitung, dan budi pekerti. “ICANDO dilengkapi dengan fitur video sebagai storyline, handwritten recognition, voice recognition, instant feedback, dan mini-games yang variatif. Instant feedback ini bertujuan memberikan kesempatan pada anak untuk menemukan sendiri pengetahuannya“. Ujar CEO ICANDO

Tia MT. menambahkan, harapan dari seminar dan workshop pendidikan ini terutama bagi guru-guru PAUD dapat memanfaatkan fasilitas dalam proses belajar mengajar yang nantinya dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan dalam menggunakan teknologi terutama game dalam sistem pembelajaran. (Hum)

wpChatIcon
EnglishIndonesian