Surabaya, pens.ac.id – Ir. Rika Rokhana Dosen M.T Dosen PENS Prodi Teknik Informatika meraih gelar Doktor di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Selasa (25/02). Disertasi yang diambil berjudul FRACTBOND: Deteksi Patah Tulang pada Citra Tomografi Ultrasonik Tiga Dimensi.

Menurut Dr. Rika deteksi patah tulang yang digunakan dalam dunia kedokteran pada umumnya menggunakan modalitas sinar X pada instrumen Rontgen atau CT- scan. Namun modalitas sinar X memiliki bahaya radiasi untuk pasien maupun tenaga medis. Dan Penelitian ini bertujuan untuk memberikan alternatif yang lebih aman dalam mendeteksi patah tulang, dengan menggunakan modalitas ultrasonik (US) yang tidak menimbulkan bahaya radiasi.

Dosen PENS prodi teknik elektronika juga mengatakan fractbond ialah metode untuk menghasilkan citra US tomografi tida dimensi (3D) dari citra US B-mode dan mendeteksi patah pada citra tersebut. Deteksi patah pada citra B-mode 2D dilakukan menggunakan polynominal intensity gradient. Penentuan lebar patah dan rekonstruksi tomografi US 3D memerlukan proses kalibrasi citra. “Kalibrasi posisi citra ini digunakan untuk menentukan posisi citra dua dimensi dalam ketebalan citra tiga dimensi”. Ujar Dr. Rika

(Hum)

wpChatIcon
EnglishIndonesian