Surabaya, pens.ac.id – Dosen PENS Prodi Teknik Informatika, Arna Fariza S.Kom., M.Kom. meraih gelar Doktor di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Kamis (20/02). Dengan disertasi yang berjudul Sistem Estimasi Usia Otomatis Berdasarkan Radiografi Panoramik pada Odontologi Forensik.

Menurut keterangan Dr. Arna gigi merupakan salah satu bagian dari tubuh manusia yang paling populer di dunia odontologi forensik dalam hal mengidentifikasi seseorang. Arna juga turut mendeskripsikan bahwa gigi memiliki sifat yang sulit rusak, tahan terhadap cuaca, dan kontaminasi bahan-bahan kimia serta trauma.

Metode untuk pengaplikasian sistem terbagi menjadi tiga tahap. Metode Pertama dengan mendapatkan citra (X-Ray) gigi dan background. Metode Kedua dengan melakukan segmentasi pada citra tersebut, yaitu mengenali dan mendapatkan area-area gigi seperti email, pulpa dan dentin. Dan metode terakhir sistem akan melakukan klasifikasi terhadap citra yan nantinya akan muncul estimasi usia dari individu pemilik gigi tersebut.

Tujuan dipilihnya disertasi tersebut karena terpicu adanya urgensi untuk mengenali individu, seiring dengan meningkatnya jumlah angka kecelakaan yang melibatkan banyak korban maupun musibah bencana alam. identifikasi ini tidak hanya dilakukan pada korban meninggal saja melainkan yang masih hidup juga bisa untuk menghindari kejahatan pemalsuan dokumen.

Disamping itu, Dr Arna berharap supaya hasil penelitian dan hasil disertasinya dapat bermanfaat bukan hanya untuk kepentingan odontologi forensik. “Mudah-mudahan perangkat lunak ini bisa disosialisasikan ke ahli forensik serta bisa juga untuk tim Search and Rescue (SAR). Ujar Dr. Arna

(Hum)