Surabaya, pens.ac.id – Sebagai wujud eksitensi kerjasama antara Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dengan pihak Jepang, Cooperation Meeting telah usai dilaksanakan pada Senin (3/2). Bertempat di Ruang Sidang Direktur lantai dua Gedung Pascasarjana PENS, kegiatan ini dihadiri oleh jajaran direktur dan beberapa dosen PENS serta empat perwakilan dari pihak Jepang.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 09.00 WIB ini, diawali dengan pemaparan profil PENS mengenai visi dan misi, perkembangan, dan capaian-capaian PENS oleh Dr. Zainal Arief, ST., MT., selaku Direktur PENS. Pada kesempatan tersebut, pihak-pihak Jepang dapat menanyakan dan menanggapi langsung dari setiap penjelasan yang diberikan. Tidak hanya itu, pada momen tersebut  turut disampaikan berbagai kegiatan yang pernah PENS lakukan dengan kampus atau perusahaan Jepang dan bentuk-bentuk relasi yang selama ini pernah dilakukan.

Diakhir proses diskusi, direktur beserta jajarannya berkeliling PENS untuk menunjukkan beberapa laboratorium dan juga produk-produk teknologi yang ada. Sehingga mereka dapat melihat secara langsung hal-hal yang sebelumnya diutarakan dalam rapat. Salah satu tamu  Jepang, Matsumoto Tsutomu Ph. D., mengatakan bahwa kedatangannya dengan membawa beberapa ahli dari Jepang ini mengharapkan akan adanya kekuatan kerjasama yang besar untuk maju bersama dan mencetak output yang berkualitas. Sehingga terjalin koordinasi yang optimal.

Menurut Dr. Indra Adji Sulistijono, ST., M. Eng., selaku wakil direktur PENS di bidang akademik , pertemuan ini merupakan wujud pemantapan akan perpanjangan MoU antara PENS dan National Institute of Technology (NIT) yang sebelumnya telah diresmikan. “Telah banyak wujud kerjasama yang kami lakukan dengan pihak Jepang seperti kredit transfer dan student exchange,”. Kegiatan ini pun menjadi jembatan penghubung agar harapan dan tujuan kedua belah pihak dapat terwujud. (zah/umi)