Surabaya, pens.ac.id – Semarakkan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2020, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah menyelenggarakan Try Out SBMPN 2020 pada Minggu (2/2). DIselenggarakan di tiga kota yakni Surabaya, Kediri, dan Lamongan, kegiatan ini diikuti oleh siswa SMA/SMK sederajat dari berbagai daerah. Tak hanya itu, kegiatan ini turut dimeriahkan dengan adanya program studi expo dan juga bazaar makanan di Lapangan Merah Gedung D3 PENS.

Dibuka dengan sambutan ketua panitia dan presiden BEM PENS. Peserta yang hadir diarahkan menuju ruang kelasnya masing-masing agar mendapatkan pembekalan mengenai tata tertib dan aturan try out sebelum memulai mengerjakan soal. Dimulai pada pukul 08.00 hingga 11.30 WIB , peserta diberikan soal yang terdiri dari materi umum seperti Matematika, Fisika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris serta Tes Potensi Skolastik (TPS).

Usai pengerjaan, peserta diarahkan menuju Lapangan Merah Gedung D3 PENS untuk mengikuti rangkaian kegiatan berikutnya. Pada area tersebut telah disiapkan stan-stan bagi setiap program studi (prodi) yang ada di PENS sehingga peserta dapat berinteraksi langsung dan mendapatkan informasi lebih mengenai prodi yang diinginkan. Selain itu para peserta juga dapat berkonsultasi mengenai strategi pemilihan perguruan tinggi terhadap mahasiswa PENS yang ada, berdasarkan pengalaman yang dimiliki.

Disela kegiatan, disampaikan pula pengalaman para jawara di bidang robotic dan beberapa pengenalan mengenai PENS agar para peserta lebih termotivasi. Bertujuan untuk mewadahi siswa-siswi yang ingin melanjutkan studi ke politeknik negeri. Muhammad Satriyo Aji selaku ketua pelaksana mengatakan, “Melalui kegiatan ini diharapkan kemampuan peserta dapat lebih terasah untuk menghadapi ujian SBMPN yang sesungguhnya,”.

Diakhir kegiatan diumumkan tiga peserta peraih nilai terbaik pada try out tersebut, sebagai wujud apresiasi terhadap para peserta. Selain itu diumumkan pula program studi favorit berdasarkan voting yang dilakukan terhadap para peserta yang hadir. Nurul ‘Izzah, salah satu peserta yang berasal dari MBI Amanatul Ummah Pacet, mengatakan bahwa try out ini merupakan salah satu ajang latihan yang sangat bermanfaat demi menghadapi ujian-ujian masuk perguruan tinggi nantinya. (zah/msa)