Surabaya, pens.ac.id – Sebagai wujud upaya perluasan kerjasama dengan berbagai perusahaan, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah usai meresmikan Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT. JRC  SPECTRA Indonesia. Bertempat di Ruang Rapat Lantai 2 Gedung Pascasarjana PENS, kegiatan diskusi kerjasama dan penandatanganan MoU ini diselenggarakan pada Selasa (28/1). PT. JRC SPECTRA Indonesia merupakan anak perusahaan dari Japan Radio Co., ltd, yang bergerak di bidang telekomunikasi.

Dimulai pada pukul 10.00 WIB, kegiatan ini dihadiri langsung oleh Presiden Direktur PT. JRC SPECTRA Indonesia yaitu Hiroyuki Ishihara dan juga Direktur PENS Dr. Zainal Arief, ST., MT. Menanggapi hal ini, Direktur PENS mengatakan bahwa kerjasama didasari akan adanya relevansi pada bidang yang digeluti perusahaan JRC dengan salah satu program studi (prodi) yang ada di PENS, yaitu Teknik Telekomunikasi.

Selain itu, program studi bidang telekomunikasi merupakan salah satu prodi yang jarang dimiliki oleh perguruan tinggi yang lain. Menurut Hiroyuki Ishihara, telah banyak alumni Teknik Telekomunikassi PENS yang bekerja di JRC. Mereka menunjukkan kompetensi yang bagus, sehingga kedepannya JRC ingin menambah kuantitas pegawai yang berasal dari prodi berakreditasi A ini. Menunjang harapan ini, maka diadakan suatu program yang akan memberikan akomodasi kepada mahasiswa PENS untuk melakukan internship pada perusahaan tersebut setiap tahunnya.

Melalui internship, perusahaan akan mengamati kinerja mahasiswa PENS yang nantinya akan digunakan sebagai pertimbangan untuk dapat bekerja di JRC. Tak hanya itu, akan diadakan program kerjasama lain seperti penelitian dan juga magang yang diperuntukkan dosen. “Kedepannya semoga JRC juga dapat memberikan akomodasi terhadap program studi lain untuk mendapat kesempatan yang sama seperti di bidang programming dan software engineering,” ungkap Direktur PENS. (zah/res)