Jakarta, pens.ac.id – Ikatan Alumni Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (IKA PENS) telah usai menggelar kegiatan Alumni Business Summit 2020 pada Minggu (26/1). Bertajuk ‘’Let’s Start the Connection’’, kegiatan yang juga bertujuan untuk menjalin kembali tali silaturahmi antar alumni ini turut mendatangkan Aries Setyarto, S.Sos., M.AP. selaku Kepala Subdirektorat Kemenristekdikti serta Chief Technology Officer Dana Indonesia yakni Cak Norman Sasono. Bertempat di Conference Room Lt.6 Gedung Plaza SUA, Jakarta Selatan, kegiatan ini dihadiri oleh alumni PENS dari berbagai angkatan.

Dimulai dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya serta Hymne PENS, kegiatan yang dikemas dalam bentuk sharing session kali ini di moderatori oleh Gemelfour Ardiatus Sudrajat yang juga merupakan salah satu dari alumni PENS. Kemudian terdapat penyampaian sambutan oleh Varid Airlangga selaku Ketua IKA PENS Regional Barat yang dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Aries Setyarto, S.Sos., M.AP. mengenai kebijakan dan program pemerintah dalam mengembangkan industri berbasis riset dan teknologi.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai inovasi industri dalam era disrupsi dan industri digital oleh Cak Norman Sasono. ‘’Jadi pada era ini banyak sekali produk dan servis digital yang mendisrupsi industri di berbagai bidang. Oleh karena itu, saya membuka mindset para peserta agar tidak sekedar menjadi pengguna namun juga dapat turut ambil bagian di dalamnya,’’ ujarnya. Materi yang dibawakan rupanya lebih berkutat tentang fenomena disrupsi dan industri digital, terutama di bidang Fintech. Salah satu contoh contoh disrupsi adalah ketika perusahaan yang minim asset memiliki valuasi yang mengalahkan perusahaan perusahaan yang telah besar dan memiliki asset besar.

Setelah penyampaian materi, terdapat panel diskusi dengan dua pemateri dimana pada kesempatan kali ini membuka sesi tanya jawab untuk para peserta. Peserta pun tampak sangat antusias mengikuti kegiatan ini, dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan. ‘’Harapan kami dengan adanya kegiatan ini yakni tali silaturahmi dapat rekat kembali, dan juga dapat mengenal satu sama lain dengan lebih baik lagi,’’ tutur Varid Airlangga. Di akhir kegiatan terdapat materi penutup mengenai sosialisasi IKA PENS oleh Bakti Prasetyo, serta sesi foto bersama sebagai bentuk dari berakhirnya kegiatan ini. (kik/tts)

wpChatIcon
EnglishIndonesian