Surabaya, pens.ac.id – Program Studi (Prodi) Sistem Pembangkit Energi (SPE) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah usai mengadakan kuliah tamu pada Jumat (24/01). Bertajuk “The Technology of Energy System”, kegiatan ini turut menghadirkan Andreas Lueschen yang berasal dari Jerman sebagai pembicara. Bertempat di Ruang Mini Teater Gedung Pascasarjana PENS, kegiatan dihadiri oleh dosen dan mahasiswa aktif prodi SPE.

Dibuka pada pukul 13.00 WIB, kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan dan penjabaran materi yang berkaitan erat dengan tema yang diangkat. Pada sesi tersebut disampaikan berbagai point mengenai bagaimana membuat gagasan baru mengenai energi-energi terbarukan yang dapat diimplementasikan berdasarkan contoh-contoh nyata yang terjadi di lapangan. Pembicara juga menyinggung mengenai kemungkinan-kemungkinan akan konsekuensi yang akan didapat dari gagasan suatu sistem energi.

Usai penyampaian materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh peserta kepada pembicara. Diakhir kegiatan dilakukan sesi foto bersama untuk menutup serangkaian kuliah tamu tersebut. “Kuliah tamu ini penting diadakan untuk membuka pandangan mahasiswa SPE akan teknologi-teknologi terbaru yang digunakan oleh negara lain yang dapat menciptakan energi baru yang aman untuk kelangsungan bumi,” ujar Ir. Joke Pratilastiarso, M. T. selaku ketua prodi SPE. Kedepannya diharapkan kegiatan ini dapat mengarahkan langkah dan ide-ide kreatif mahasiswa SPE.

Bertujuan untuk memotivasi mahasiswa SPE akan banyaknya peluang melalui prodi yang telah mereka pilih, Erik Tridianto, S. T., M. T., sebagai penanggung jawab kegiatan mendatangkan langsung pemateri yang berkecimpung di bidang industri mengenai sistem energi. Dengan adanya hal tersebut mahasiswa dapat terbantu dalam merencanakan langkah yang akan diambil dan memusatkan konsentrasi pengembangan energi terbarukan. Sehingga didapat pula gagasan pengembangan teknologi guna pemerataan energi di Indonesia. (zah/dya)

wpChatIcon
EnglishIndonesian