Surabaya, pens.ac.id – Mahasiswa tingkat akhir Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai jalani serangkaian kegiatan jelang penyelesaian Proyek Akhir (PA). Bertempat di beberapa Ruang Laboratorium dari masing-masing jurusan, kegiatan ini berlangsung selama empat hari (14-17/1). Bertujuan untuk menguji kemampuan mahasiswa dalam pengerjaan proyek akhir, kegiatan turut dihadiri oleh dosen penguji, dosen pembimbing.

Dimulai pada pukul 08.00 WIB, terdapat dua seminar yang dilaksanakan pada pekan ini, yakni Seminar Proposal PA untuk Mahasiswa Program D3 serta Seminar PA Tahap 1 untuk Mahasiswa Program D4. Seminar Proposal PA merupakan seminar yang bertujuan untuk memaparkan rencana proyek akhir yang nantinya akan dikerjakan, sedangkan Seminar PA Tahap 1 merupakan pemaparan progress PA yang sedang dikerjakan. Dalam kegiatan ini setiap mahasiswa diminta untuk memaparkan mengenai isi proposal atau progress PA kepada dosen penguji dan dosen pembimbing.

Beragam persiapan telah dilakukan semaksimal mungkin oleh para mahasiswa demi kelancaran seminar. “Perbanyak latihan presentasi serta penguasaan materi. Jadi jangan sampai apa yang kita presentasikan nantinya tidak kita kuasai karena itu akan menjadi boomerang untuk diri kita sendiri,” ujar Samira Rahma, Mahasiswa D3 Multimedia Broadcasting.

Dengan adanya seminar ini, diharapkan dapat menambah wawasan mahasiswa agar lebih siap lagi dalam menjalankan seminar berikutnya. Selain itu, evaluasi serta saran yang diterima pada kesempatan kali ini dapat menjadi pertimbangan untuk meningkatkan kualitas hasil PA. “Semoga evaluasi atau masukan yang didapatkan pada hari ini tidak terulang lagi kedepannya serta untuk semua mahasiswa tingkat akhir dapat diberikan kelancaran dalam menghadapi sidang kedepannya,” imbuhnya. (kik/res)