Surabaya, pens.ac.id – Program Studi Sistem Pembangkit Energi (SPE) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah usai menghelat kuliah tamu yang bertajuk “Investment in Renewable Energies Illustrated by The Example of Biomass Co-Combustion”. Turut mendatangkan Andreas Lueschen dari Siemens, Jerman sebagai pemateri, kegiatan dihelat pada Jumat (17/1). Bertempat di Ruang Teather Gedung D3 PENS, beberapa dosen serta Mahasiswa Aktif SPE ikut berperan dalam mengikuti kuliah tamu ini.

Serangkaian acara dimulai pada pukul 13.00 WIB, dibuka dengan pembacaan profil Andreas Lueschen oleh Nu Rhahida Arini, S.T. selaku moderator yang juga merupakan salah satu dosen dari Prodi SPE. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai penggunaan teknologi yang memanfaatkan energi terbaharukan dimana pemanfaatannya diharapkan dapat menjadi pilihan di masa depan. “Kegiatan ini ditujukan sebagai ajang sharing teknologi dari Jerman terhadap Indonesia guna mendapatkan benefit yang sebanyak-banyaknya,” tutur Nu Rhahida Arini, S.T.

Selain itu, juga terdapat penyampaian mengenai Biomass Co-Combustion dalam pemanfaatannya sebagai pembangkit listrik dengan menggunakan energi terbaharukan. Biomass Co-Combustion merupakan pembakaran batu bara dengan biomasa guna menghemat penggunaan batu bara serta lebih ramah lingkungan. Dalam penyampaiannya, beliau juga menjelaskan mengenai pengelolaan serta manfaat dari adanya Biomass Co-Combustion.

Mahasiswa yang hadir tampak sangat antusias pada sesi tanya jawab. Di akhir kegiatan, juga terdapat sesi foto bersama sebagai simbolis berakhirnya kegiatan kuliah tamu ini. “Saya berharap mereka dapat mengambil inti dari informasi seperti mereka harus memikirkan tentang latar belakang finansial serta mereka dapat mempertimbangan berbagai hal di dalam aspek finansial,” ujar Andreas Lueschen. (kik/res)