Surabaya, pens.ac.id – Sebagai upaya untuk memperluas kerjasama dengan berbagai perusahaan, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai resmikan Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT. Kyodo News Digital Indonesia. Penandatanganan MoU ini diselenggarakan pada Selasa (14/1), di Ruang Rapat lantai 2 Gedung Pascasarjana PENS. Pada sesi penandatangan MoU, DR. Zainal Arief, S.T., M.T., selaku Direktur PENS turut didampingi oleh jajaran Wakil Direktur serta  Kepala Departemen Teknologi Multimedia Kreatif, Drs. Achmad Basuki, M.Kom., Ph.D, dan Tri Harsono, S.Si., M.Kom., Ph.D., selaku Kepala Departemen Teknik Informatika.

Kyodo News Digital Indonesia atau dikenal dengan PT. KND Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dibidang konsultasi IT. Perusahaan yang berdiri sejak 2013 ini termasuk dalam perusahaan asosiasi dari Kyodo News Digital, anak perusahaan Kyodo News yang merupakan kantor berita di Jepang. PT. KND Indonesia menilai perlunya berkerjasama dengan PENS, guna kolaborasi penelitian dan saling berbagi pengalaman di bidang teknologi.

Selain itu, kerjasama ini juga membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk melakukan Kerja Praktik di PT. KND Indonesia maupun KND di Jepang. Bagi lulusan atau Alumni PENS, kerjasama ini juga diharapkan dapat memberi peluang pada proses recruitment di perusahaan ini. “Di PT. KND Indonesia sendiri sudah ada beberapa alumni PENS yang bekerja disana dan respon mereka sangat bagus. Dengan ditandatangani MoU ini, terjalin kerjasama lebih lanjut lagi selain recruitment program,” ucap DR. Zainal Arief.

Diharapkan, dengan adanya kolaborasi dan kerjasama ini dapat memberi manfaat bagi Kyodo News Digital dan PENS, terutama dalam persoalan penyelesaian masalah di dunia industri. Di samping itu, mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan adanya industri – industri  yang telah bekerjasama dengan PENS. “PENS bertugas dalam memfasilitasi kebutuhan – kebutuhan mahasiswa, salah satunya dengan memperluas jejaring kerjasama dengan berbagai industri. Selanjutnya, mahasiswa silahkan memanfaatkan kesempatan yang telah diberikan dengan maksimal,” imbuhnya. (raf/msa)