Surabaya, pens.ac.id – Sebagai bentuk laporan pertanggung jawaban selama melakukan Kerja Praktik (KP) sejak bulan Juni lalu, mahasiswa Jenjang Diploma III Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dari berbagai jurusan tengah melangsungkan Seminar KP. Terhitung selama dua hari (6-7/1), kegiatan bertempat di Kampus PENS. Dalam kesempatan ini, beberapa dosen sesuai program studi masing-masing turut berperan sebagai penguji seminar tersebut.

Seminar ini merupakan satu dari tiga sidang yang harus dilalui mahasiswa tingkat akhir sebelum mereka melanjutkan untuk Sidang Progres Proyek Akhir (PPA) dan Sidang Proyek Akhir (PA). Sidang PPA akan dilaksanakan selama dua hari (16-17/1), sementara untuk sidang PPA akan dilangsungkan pada pertengahan bulan Juli mendatang. Dalam sidang ini, mereka memaparkan Laporan Kerja Praktik yang memuat mulai dari profil perusahaan, organigram perusahaan, hingga wawasan dan project yang didapat selama melakukan KP.

Tidak hanya presentasi, bagi mahasiswa yang mendapat project ketika KP juga berkesempatan untuk mendemokan project yang telah dibuat dihadapan dosen penguji. Beragam persiapan telah dilakukan mahasiswa PENS dengan semaksimal mungkin mulai dari Buku Laporan KP dan juga Materi Presentasi. “Persiapannya dimulai ketika KP kita sambil nyicil laporan dan bimbingan tiap minggu ke dosen pembimbing untuk merevisi terlebih dahulu. Tujuannya untuk meminimalisir revisi dari dosen penguji pada saat seminar,” ungkap Urfiyatul Riefani, Mahasiswa Teknik Informatika.

Bertujuan untuk menerapkan dan menambah ilmu pengetahuan yang telah didapatkan selama perkuliahan, dengan adanya KP ini diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan dalam memahami situasi kerja di lingkungan perusahaan. Dilangsungkannya Seminar KP ini juga bertujuan agar mahasiswa dapat terlatih dalam menghadapi sidang-sidang selanjutnya. “Harapannya semoga seluruh mahasiswa D3 yang tingkat akhir lebih siap lagi menghadapi sidang selanjutnya. Evaluasi-evaluasi yang terjadi selama Seminar KP jangan sampai terulang lagi dan dipersiapkan dengan sebaik mungkin agar hasilnya juga maksimal,” imbuh Urfiyatul. (dya)