Malang, pens.ac.id – Kembali membawa nama baik kampus, Rabu (18/12), Tim Komit Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai meraih Juara 1 Bidang Programming Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIM) VII Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Indonesia (STIKI) Malang. Adapun karya yang diusung kali ini yakni Digital Story Telling Communication (Distelcom), sebuah aplikasi berbasis Android terintegerasi dengan RFID dan terkoneksi database. Diikuti beberapa perwakilan perguruan tinggi di Indonesia, kegiatan bertempat di STIKI Malang.

Dalam kesempatan tersebut, Tim Komit yang beranggotakan Mohammad Alfi Rizzi, Maulidya Anggraini, Isna Yaumirrahma Saniyyah, Lilik Winarni dan M. Rijal Al Fariz bersaing dengan mempresentasikan karyanya selama 10 menit dihadapan dewan juri. Selain memaparkan definisi produk, konsep, hingga cara kerja aplikasi, dalam kesempatan yang sama mereka juga melakukan demo produk. Dewan juri yang hadir pun juga berkesempatan untuk mencoba secara langsung jalannya aplikasi Distelcom.

Merupakan sebuah aplikasi yang bertujuan untuk melatih kemandirian dan kedisiplinan anak Autis, diharapkan adanya inovasi ini dapat membantu orang tua anak Autis untuk memberikan terapi secara digital kepada anaknya. Meski sempat mengalami beberapa kendala, tidak menyurutkan semangat Tim Komit untuk memberikan presentasi terbaiknya. Hingga di akhir acara panitia PIM mengumumkan kejuaraan tiap bidang lomba lainnya mulai dari Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres), Desain Poster, Bussiness Plan, hingga Programming.

“Senang banget pastinya, karena diawal sempat pesimis karena persiapan yang bisa dibilang masih kurang maksimal. Tapi Alhamdulillah ketika presentasi bisa berjalan dengan lancar,” ungkap Isna salah satu anggota tim. Ditutup dengan berfoto bersama seluruh finalis, diharapkan dengan diraihnya prestasi kali ini dapat memotivasi mahasiswa PENS untuk terus berkontribusi baik di bidang akademik maupun non akademik. (dya)