Surabaya, pens.ac.id – Merupakan salah satu instansi pendidikan bergengsi di Indonesia, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah usai melaksanakan Ujian Akhir Semester (UAS) 2019 sebagai wujud evaluasi belajar selama satu semester ganjil 2019/2020. Diadakan dalam kurun waktu empat hari terhitung sejak Senin (16-19/12), kegiatan ini bertempat di Gedung D3 dan Gedung D4 PENS serta diikuti oleh seluruh mahasiswa aktif PENS. Kegiatan berlangsung tertib dan lancar sesuai dengan jadwal yang telah dibuat.

Kegiatan yang rutin diadakan setiap tahunnya ini, terbagi menjadi dua sesi pelaksanaan. Sesi pertama untuk mahasiswa D3 yaitu pukul 08.00 hingga 12.00 WIB. Sesi kedua diperuntukkan untuk mahasiswa D4 yaitu pukul 13.00 hingga 17.00 WIB. Tiap harinya, dalam satu sesi terdapat maksimal dua mata kuliah yang diharus dikerjakan para peserta ujian. Dalam proses pengawasan, terdapat satu pengawas pada setiap kelas tempat pengujian untuk mengoptimalkan implementasi kejujuran pada mahasiswa.

Soal-soal yang diberikan merupakan materi-materi dari dosen pengampu mata kuliah tertentu pada setiap kelas. Sehingga walaupun mata kuliah sama, namun dosen berbeda maka soalnya pun akan berbeda. UAS kali ini merupakan pengalaman perdana bagi para mahasiswa baru PENS. “Saya menambah kuantitas waktu belajar saya agar dapat memaksimalkan hasil diakhir semester,” tutur Mahira Ardelia Reswari,salah satu mahasiswa baru 2019 . Hal itu merupakan tantangan bagi mahasiswa baru lainnya guna mengenali sistem baru yang berbeda dengan semasa sekolah SMA maupun SMK dulu.

Melalui pelaksanaan UAS ini, diharapkan dapat memacu semangat mahasiswa PENS untuk selalu belajar dan berkembang pada target capaian kedepannya. Diimbangi dengan penerapan kejujuran yang selalu ditekankan oleh PENS, kegiatan ini merupakan ajang dalam melatih kejujuran pribadi masing-masing. “Setelah lulus, nilai akademis dan implementasi nilai kehidupan yang selalu diajarkan di kampus dapat mempermudah langkah mahasiswa dalam meraih impian dimasa depan,” imbuh Mahira. (zah/msa)