Jember, pens.ac.id – Kontingen PENS sukses menyabet tiga gelar juara pada ajang Polije English Competition (PEC) 2019. Penghargaan tersebut datang dari Adella Delvina yang berhasil meraih Juara 3 kategori News Casting, serta Faadhillah Syhab Azzahara yang meraih Juara 2 dan Annisa Lidya Ardiani yang meraih Juara 3 pada kategori Storytelling. Kompetisi tingkat nasional yang dilaksanakan di Politeknik Negeri Jember (POLIJE) tersebut, berlangsung selama dua hari (13-14/12).

Kompetisi ini memiliki tiga tahapan utama. Tahap pertama yaitu babak penyisihan dimana tiap peserta diharuskan untuk membuat video yang berkaitan dengan kategori lomba yang hendak diikuti. Pada tahap semifinal, terpilih 10 peserta terbaik untuk tiap kategorinya,

Pada babak semifinal, peserta menampilkan performa terbaiknya dihadapan dewan juri. Setelah itu, diumumkan lima semifinalis terbaik untuk melaju ke babak final dan menampilkan kebolehannya di panggung utama. Peserta final kategori news casting menampilkan pembacaan berita dalam dua kondisi, yaitu sebagai reporter dan news anchor. Untuk storytelling peserta diharuskan untuk membawakan cerita berdasarkan tema yang ditentukan, yaitu World Classic Story dan Science Fiction.

Di akhir acara diumumkan tiga finalis terbaik dari setiap kategori. Ketiga delegasi PENS sukses membuktikan eksistensinya di kompetisi tingkat nasional ini. “Saya kaget sekaligus senang karena saya sempat merasa pesimis sebelum pengumuman,” ucap Adella Delvina. Mereka mengaku bahwa banyak pelajaran dan motivasi berharga yang didapat baik dari dewan juri maupun peserta lomba yang lain. (zah/res)