Surabaya, pens.ac.id – Menjadi perguruan tinggi yang memiliki disiplin ilmu di bidang eksakta, menjadikan Program Studi Teknik Mekatronika Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah usai menghelat kuliah tamu mengenai statistika pada Rabu (11/12). Turut mendatangkan Prof. Ir. H. Abdullah Alkaff, M.Sc., Ph.D. sebagai pemateri, kuliah tamu kali ini mengusung tema “Pengantar Statistika dan Probabilitas Terapan”. Bertempat di Ruang Mini Theater lantai 6 Gedung Pascasarjana PENS, kegiatan dihadiri oleh Mahasiswa Aktif Prodi Teknik Mekatronika dari berbagai angkatan serta beberapa dosen.

Dimulai pada pukul 09.00 WIB, kegiatan dibuka dengan sambutan oleh Dr. Zainal Arief, S.T., M.T. selaku Direktur PENS. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Hymne PENS yang dipimpin oleh Arief Rachman Rasyidi dan diikuti oleh seluruh peserta yang hadir. Selanjutnya yakni sesi perkenalan dari Drs. Achmad Basuki, M.Kom., Ph.D yang bertindak sebagai moderator pada kuliah tamu ini.

Memasuki serangkaian kegiatan utama, kuliah tamu kali ini diawali dengan pembacaan Curriculum Vitae (CV) oleh Prof. Ir. H. Abdullah Alkaff, M.Sc., Ph.D. serta pemaparan materi sesuai dengan tema yang diusung. Pada kesempatan kali ini, beliau menjelaskan mengenai pemahaman dasar tentang statistika dan probabilitas terapan serta penerapannya dalam lingkup Program Studi Teknik Mekatronika. “Saya tertarik dengan pembahasan beliau serta cara beliau menjelaskan mengenai tema yang diangkat. Disini saya menjadi tahu mengenai apa itu statistika dan probabilitas serta bagaimana cara penerapannya dan perhitungannya,” ungkap salah satu peserta, Febriansyah Simatupang.

Dipenghujung kegiatan terdapat sesi tanya jawab untuk para peserta yang kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama serta pemberian cinderamata kepada Prof. Ir. H. Abdullah Alkaff, M.Sc., Ph.D. sebagai penutup kegiatan kali ini. Dengan berakhirnya kuliah tamu ini, diharapkan semakin banyak mahasiswa yang paham serta mampu menerapkan atau bahkan mengimplementasikan materi yang telah disampaikan pada kegiatan kuliah atau akademis yang lain. “Harapannya yakni para mahasiswa dapat mengimplementasikan materi  yang telah didapat serta bisa menambah hardskill mereka dalam mencari pekerjaan maupun dalam membangun startup sendiri di kemudian hari, “tutur penanggung jawab kegiatan, Muhammad Yusuf Fahris Maulana. (kik/tts)