Surabaya, pens.ac.id – Guna membekali mahasiswa mengenai teknologi di era industri 4.0, Program Studi Teknik Komputer (Prodi Tekkom) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah usai menyelenggarakan Kuliah Tamu pada Jumat (6/12). Bertemakan “Brain Based Multidisciplinary Computer Engineering in Latest and Future Industry 4.0”, pada kegiatan ini turut mengundang Prof. DR. -ING. Wolfram Stanek, Senior Expert Service-SES Germany. Bertempat di Ruang Teater Gedung D3 PENS, kegiatan ini dihadiri oleh Mahasiswa Tekkom dari berbagai angkatan.

Dibuka pada pukul 09.00 WIB, penyampaian materi oleh pembicara dipimpin langsung oleh moderator. Pada kesempatan tersebut, dipaparkan secara detail mengenai riset yang telah dilakukan. Riset tersebut mengenai suatu robot dengan ukuran kecil, yang telah terintegrasi dengan suatu sistem dan dapat mencakup berbagai jenis teknologi mulai dari mekatronika hingga programming. Selain itu, turut disampaikan mengenai urgensi teknologi ramah lingkungan dalam pembuatan suatu produk untuk tetap menjaga dan merawat lingkungan.

Adanya pemaparan ini diharapkan mahasiswa dapat terus berfikir kreatif dan inovatif melalui cara pandang yang imajinatif dan berdasarkan ilmu pengetahuan. Hal itu bertujuan untuk menemukan suatu sistem baru yang dapat diimplementasikan pada lingkungan dengan terhubung oleh berbagai teknologi sebelumnya. “Kuliah tamu ini bertujuan untuk mengenalkan kebutuhan industri terkini dan mendatang, sehingga mahasiswa memahami mengenai teknologi teknologi yang dapat membangun suatu sistem yang tepat guna,” tutur Tri Harsono, S.Si., M.Kom., Ph.D.

Adanya kuliah tamu ini turut memberikan kesan positif bagi para peserta yang hadir. ” kegiatan tersebut menjadi ajang bagi saya untuk menambah wawasan serta referensi mengenai berbagai teknologi baru yang akan dikembangkan oleh pembicara yang berasal dari Jerman. Sehingga halhaldapat ini dapat menjadi motivasi untuk selalu mengembangkan suatu sistem baru. (zah/umi)