Surabaya, pens.ac.id – Bekerja sama dengan pihak telkomsel, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah usai menggelar kuliah tamu pada Jumat (6/12). Mengusung tema “Building Digital Capability Toward Sustainable Growth”, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan jaringan 5G beserta berbagai kegunaannya di masa yang akan datang. Bertempat di Ruang Auditorium Lantai 6 Gedung Pascasarjana PENS, kegiatan diikuti oleh mahasiswa aktif dari berbagai jurusan.

Dibuka dengan sambutan oleh Dr. Zainal Arief, S.T., M.T., kegiatan dimulai pada pukul 08.30 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian cinderamata kepada Iskriono Windiarjanto selaku Direktur Network Telkomsel sekaligus pemateri. Materi yang dipaparkan yakni mengenai Outline Telkomsel serta Jurnal Technology. “Disini saya membahas mengenai Building Digital Capability, dimana hal ini tidak akan terlepas dari yang namanya digital connectivity. Hal ini perlu dipahami oleh para civitas akademika karena digital connectivity ini memiliki karakter sendiri, terutama pada teknologi baru seperti 5G ini,” tutur Iskriono Windiarjanto.

Tidak hanya itu, pemaparan materi selanjutnya yakni mengenai perkembangan teknologi telkomsel hingga saat ini, strategi untuk memulai jaringan 5G, serta pemilihan waktu yang tepat untuk munculnya jaringan 5G di Indonesia. Tidak hanya seminar, dalam kegiatan ini juga terdapat booth telkomsel, VR Showcase, Base Transceifer Station (BTS) Showcase, serta terdapat enam display yang masing-masing menjelaskan tentang 5G Xlab, 5G eMBB, 5G URLLC, 5G mMTC, Topology and NOQM Activity, dan cuplikan video mengenai booth telkomsel pada saat Asian Games 2018.

Tiba di penghujung acara, para peserta tampak antusias memperebutkan hadiah dari kuis yang telah diberikan. Setelah dinobatkannya tiga pemenang, kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama. “Dengan adanya kuliah tamu ini, harapannya Mahasiswa PENS dapat mengimplementasikan IoT mereka dengan jaringan 5G kami serta dapat membangun startup sendiri,” ungkap Chris Pradana, selaku panitia pelaksana. (kik/umi)