Surabaya, pens.ac.id – PENS International Cooperation Office (PICO) telah usai menghelat kuliah tamu pada Senin (2/12). Mengusung tema “High Mobility and Efficient MIMO-based Wireless Power Transfer System” dengan mendatangkan Prof. Minoru Okada dari Nara Institute of Science and Technology, Jepang. Bertempat di Ruang Teater Gedung D3 Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), kuliah tamu kali ini dihadiri oleh Mahasiswa Aktif PENS dari berbagai angkatan.

Dimuai pada pukul 09.00 WIB, kegiatan dibuka dengan beberapa sambutan yakni Dr. Zainal Arief, S.T., M.T. yang merupakan Direktur PENS serta sambutan oleh Kepala Departemen Elektro yaitu Dr. I Gede Puja Astawa, ST, MT. Setelah penyampaian sambutan, dilanjutkan pada kegiatan inti yakni pemaparan materi oleh Prof. Minoru Okada yang menjelaskan materi sesuai dengan tema yang diusung.

Beliau menjelaskan mengenai materi yang sangat dibutuhkan pada era saat ini. Beberapa materi yang dibawakan seperti Automated Guided Vehicle (AGV), Wireless Power Transfer (WPT) system, Space Solar Power System (SPSS), dan beberapa materi lainnya. “Seperti yang kita ketahui teknologi 5G mulai dikenalkan oleh berbagai operator, namun saya masih kurang puas dengan kualitas broadband yang ada. Oleh karena itu saya mengalihkan topik dari wires ke wireless system yang menurut saya lebih efektif yang kemudian saya perkenalkan kepada teman-teman sekalian” ungkap Prof. Minoru Okada.

Pada akhir kegiatan terdapat sesi penyerahan cinderamata kepada Prof. Minoru Okada serta sesi foto bersama dengan para peserta. Dengan adanya kuliah tamu ini, diharapkan dapat menambah ilmu khususnya untuk Mahasiswa PENS mengenai beberapa materi yang telah disampaikan serta bagaimana cara penerapan juga merealisasikannya dalam kehidupan yang akan datang. “Harapan saya semoga kelak Mahasiswa PENS dapat mengembangkan bidang yang sama sesuai dengan materi yang diangkat pada hari ini serta kedepannya semakin banyak pula guest lecture yang menarik,” ungkap Zuhal Maulana Firdaus selaku peserta. (kik/msa)