Malang, pens.ac.id – Prestasi membanggakan kembali diraih mahasiswa PENS. Kali ini, Ghagas Prabaswara dari Program Studi Teknik Elektronika berhasil meraih Juara 3 kategori Indonesian Line Follower Competition Mikrokontroller pada Technowars 7 2019. Bertempat di Universitas Kanjuruhan Malang, kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari terhitung sejak Jumat (23-24/11). Diikuti oleh berbagai kalangan dari seluruh Indonesia, kompetisi berlangsung meriah.

Mengusung karya mengenai line follower mikro, kompetisi ini terbagi menjadi lima tahapan seleksi. Dimulai pada tahap pertama yaitu tahap penyisihan, 32 besar, 16 besar, 8 besar dan tahap final yang tersisa empat terbaik. Menggunakan sistem gugur, peserta yang dinyatakan lolos menuju tahap selanjutnya adalah peserta dengan karyanya yang mencetak perolehan waktu terbaik atau tercepat. Meski demikian, peserta yang hadir melakukan yang terbaik atas robot yang telah mereka buat.

Sebelum mengikuti kompetisi ini, Ghagas mengaku telah banyak melakukan persiapan sebelumnya. “Selama satu sampai dua minggu saya memanfaatkan waktu untuk berlatih, berlatih, dan berlatih untuk menyempurnakan karya saya,” ungkapnya. Pada proses persiapan tersebut, dilakukan pula pembuatan track dua dimensi dan tiga dimensi untuk pengujian robot buatannya. Hal tersebut dilakukan guna memaksimalkan performa robot apabila masih terdapat kekurangan.

Merupakan kompetisi berskala nasional yang diikuti oleh berbagai kalangan, banyak pengalaman dan motivasi berharga yang bisa didapat dari ajang tersebut. Melalui kompetisi ini, Ghagas ingin memacu dirinya sendiri untuk selalu membuat karya-karya terbaik yang berdaya saing. Harapannya, agar kedepan hasil karyanya dapat diimplementasikan oleh berbagai kalangan. Menjadi pemenang merupakan reward bagi semua yang telah berusaha, sehingga ia juga berharap agar mahasiswa lain dapat termotivasi untuk selalu berkarya dan memberikan prestasi terbaik bagi pribadi dan kampus. (zah/dya)