Surabaya, pens.ac.id – Guna memberikan persiapan bagi mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) yang ingin memperoleh beasiswa, Sabtu(23/11), Kementerian Kesejahteraan Mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) PENS 2019 usai menghelat Scholarship Expo and Seminar (SOS) 2019. Dibuka sejak pukul 08.30 WIB, dalam kegiatan ini turut menghadirkan tiga narasumber diantaranya Indri Novita Sari dari Institut Francais Indonesia (IFI), M Irfan Mas’udi S.ST. yang merupakan penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan Reesa Akbar S.T., M.T. yang juga merupakan Awardee of Toyohashi University of Technology.

Mengusung tema Future Starts Here, Raay Rafikasitha selaku Ketua Pelaksana menjelaskan bahwa diusungnya tema tersebut bertujuan guna memotivasi peserta dalam mempersiapkan segala kebutuhan dan persyaratan untuk mendapatkan beasiswa. Dalam kesempatan kali ini, SOS 2019 diawali dengan penyampaian talkshow oleh ketiga pemateri. Beragam materi turut disampaikan dalam momen tersebut, mulai dari tips and trick mendapat beasiswa, persiapan pemberkasan, cara membuat great essay untuk proposal dan rencana study, overview motivation letter, hingga etika seorang penerima beasiswa.

Tidak hanya seminar, dalam acara ini juga terdapat beberapa expo booth yang dihadiri beberapa lembaga beasiswa diantaranya Beasiswa Djarum, Beasiswa Unggulan, Beasiswa Pemerintah Kota Surabaya, dan Komunitas Sahabat Beasiswa. Sebanyak 121 mahasiswa aktif PENS dari berbagai jurusan tampak memadati ruang seminar dan expo booth dalam momen tersebut. Disana mahasiswa dapat bertanya secara langsung mengenai beasiswa kepada para awardee beasiswa yang bersangkutan.

Dipenghujung kegiatan, turut diadakan Simulasi International English Language Testing System (IELTS) oleh lembaga International Education Specialist (IDP) Surabaya dan diikuti oleh seluruh peserta yang hadir serta panitia. “Harapan saya bagi mahasiswa yg sudah datang, semoga apa yg disampaikan narasumber dan informasi yg di explore di masing-masing scholarship expo booth dapat bermanfaat. Selain itu, juga mereka dapat termotivasi dan semakin terpacu untuk mendapatkan beasiswa,” ungkap Raay. Diharapkan dengan adanya kegiatan SOS 2019, dapat membuka wawasan mahasiswa khususnya dalam hal beasiswa baik di dalam negeri maupun luar negeri. (dya)