Surabaya, pens.ac.id – Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah usai menghelat Pengajian dengan tema “Membangun Kualitas Etos Kerja Melalui Inspirasi Suritauladan Rasulullah”. Dihelat pada Kamis (21/11), kegiatan ini diikuti oleh dosen, karyawan, dan mahasiswa PENS. Bertempat di Auditorium Lantai 6 Gedung Pascasarjana PENS, materi ceramah disampaikan oleh KH. Ahmad Rofi’I Makhfudz, S.Hi.

Pada pengajian kali ini, ditekankan mengenai sifat dan sikap Rasulullah yang patut dijadikan tauladan bagi warga PENS dalam peningkatan etos kerja. Dalam ceramahnya, KH. Ahmad Rofi’I Makhfudz, S.Hi. menyinggung mengenai prinsip-prinsip yang harus dimiliki dalam bekerja, antara lain mengenai keikhlasan dalam bekerja dan kebermanfaatan diri bagi orang lain. Kegiatan terasa semakin menarik ketika pembicara mulai menyelinginya dengan nyanyian Tembang Jawa dengan lirik yang telah digubah dan disesuaikan.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin dengan penceramah yang berbeda setiap tahunnya. Menurut Edi Satriyanto, S.Si., M.Si. yang merupakan Wakil Direktur Bidang Kerjasama dan Informasi, alasan pemilihan tema yang berkaitan dengan etos kerja adalah agar para peserta dapat mencontoh pribadi Rasulullah SAW yang sejak usia muda telah menjadi seorang pekerja keras yang tulus dan pantang menyerah.

Berbagai pribadi luhur Rasulullah SAW yang telah disampaikan selama pengajian ini diharapkan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. “Setelah mengikuti pengajian ini saya mengerti bahwa sebagai mahasiswa, saya harus selalu menjauhkan diri saya dari penyakit hati yang akan menghancurkan saya,” ungkap salah satu mahasiswa yang hadir, Ahmad Alvi Syahrin. Dengan materi mengenai konsep-konsep perencanaan dan manajemen diri yang telah disampaikan, diharapkan dapat membentuk etos kerja civitas akademika PENS yang semakin baik. (zah/res)