Surabaya, pens.ac.id – Inkubator bisnis milik Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), yakni PENS Sky Venture terus upayakan pengembangan bisnis bagi startup yang dinaunginya. Untuk kali ketiga, PENS Sky Venture mengadakan kegiatan Business Matching. Diadakan pada Kamis (21/11) di Gedung Pertemuan Dyandra Surabaya, kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 12 tenant PENS Sky Venture, beberapa pihak industri serta perwakilan dari SMK di Jawa Timur.

Tema yang diusung pada pada kegiatan ini adalah “Sincerely Build Business Through Mutual Benefit Business Collaboration”. Tema ini diangkat dengan maksud untuk mewujudkan kolaborasi bisnis bagi tenant dengan investor ataupun pihak industri lainnya. “Jadi tujuan dari kegiatan ini sebetulnya adalah untuk mempertemukan tenant-tenant yang kita bina dengan para calon investor,” ungkap Endro Wahjono, S.ST., M.T. yang merupakan Kepala Unit Inkubator Bisnis PENS.

Sambutan oleh Direktur PENS yakni Dr. Zainal Arief, S.T., M.T. membuka kegiatanini. Selanjutnya, terdapat pemaparan materi yang disampaikan oleh Aries Setyarto, S.Sos., M.A.P. yang merupakan Kasubdit Material Maju dan Bahan Baku, Direktorat Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi, Kemenristekdikti. Tidak hanya itu, kegiatan juga turut diramaikan dengan adanya stand pameran yang menampilkan produk-produk dari tenant PENS Sky Venture.

Memasuki inti kegiatan, terdapat sesi business pitching. Pada sesi ini, seluruh perusahaan pemula atau startup mempresentasikan bisnisnya kepada seluruh hadirin. Sebanyak 12 startup ini antara lain yakni SUROVOTIC, EDUPONGO, BEYOND CHILDHOOD, KANTIN MESIN, TEMPENZIA, KICO, PEMECAH TELUR, RILIV, IO PORI, APLIKASI E-GURU, IIAGV, dan juga AREZ.

Berdasarkan presenetasi pada sesi business pitching oleh para tenant tersebut, diumumkan peraih The Best Pitching. Juara 1 diraih oleh IO PORI, Juara 2 oleh BEYOND CHILDHOOD, dan Juara 3 oleh APLIKASI E-GURU. Di akhir kegiatan terdapat penyerahan cinderamata kepada Bapak Aries Setyarto. Adanya kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi para tenant untuk dapat semakin mengembangkan bisnisnya sebagai startup. (res)