Surabaya, pens.ac.id – Dalam rangka menyiapkan delegasi terbaik untuk ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) ditahun mendatang, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai menghelat seleksi Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) 2019 pada Kamis (21/11). Diikuti sebanyak sembilan mahasiswa dari berbagai angkatan, kegiatan di helat di Lantai 5 Ruang 05.08, 05.05 dan 05.04 Gedung Pascarajana PENS. Kesembilan mahasiswa akan melalui beberapa tahap sebelum dipilih tiga terbaik untuk dikirimkan sebagai perwakilan PENS.  

Sebelum seleksi dimulai, para peserta melakukan registrasi terlebih dahulu. Dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari para dewan juri, Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan, serta Direktur PENS. Para peserta juga diberikan pengarahan sebelum seleksi dimulai, hal tersebut terkait dengan teknis presentasi, wawancara, serta karya tulis ilmiah yang telah disiapkan oleh peserta. Berbagai persiapan pun nampak dilakukan oleh para peserta, terlihat kesiapan yang mereka lakukan sangat baik dan mendapatkan respon dari para dewan juri. Beberapa dewan juri yang hadir yakni Dias Agata S.S., M.Pd., Radina Anggun Nurisma, S.Pd., Dimas Okky Anggriawan, S.T., M.T., Dwi Kurnia Basuki, S.Si., M.Kom. serta Hardefa Rizky Putu R. sebagai mawapres terpilih 2018.

Merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh PENS, kegiatan ini tidak lain bertujuan untuk memilih mahasiswa berprestasi yang terbaik diantara mahasiswa berprestasi yang ada di kampus PENS. ” Seleksi ini dilakukan untuk memilih satu orang yang nantinya akan mewakili PENS Pilmapres Nasional,” tutur Dimas Okky Anggriawan, S.T., M.T. Beliau juga menambahkan bahwa para peserta yang mengikuti seleksi mawapres tahun ini memiliki banyak prestasi sehingga persaingan juga semakin sengit. Acuan penilaian diambil dari 4 poin untuk kategori institusi yakni nilai indeks prestasi kumulatif (IPK), karya tulis ilmiah, kemampuan bahasa asing, dan prestasi yang diunggulkan.

Diharapkan dengan kegiatan seleski mawapres ini, akan terpilih kandidat-kandidat terbaik yang bisa mewakili PENS, sehingga prestasi yang telah didapatkan PENS ditahun sebelumnya bisa ditingkatkan. Dengan hal tersebut diharapkan nantinya bisa mencetak generasi berprestasi untuk kebaikan Indonesia dimasa mendatang. ” Nantinya kandidat yang terpilih sebanyak tiga tersebut akan melalui proses inkubasi atau pembelajaran bersama para pembimbing sebelum siap untuk menjadi perwakilan terbaik PENS diajang Pilmapres Nasional, ” imbuhnya. (msa)