Surabaya, pens.ac.id – Mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kembali torehkan berbagai prestasinya. Kali ini dari ajang Informatics Champions yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Dua tim delegasi PENS berhasil meraih dua penghargaan yakni Juara 3 pada kategori Pengembangan Game dan Juara 3 kategori Desain Web. Dihelat di Auditorium Fakultas Informatika Universitas negeri Surabaya (UNESA) pada Sabtu (16/11), kegiatan diikuti oleh beberapa perguruan tinggi dari seluruh Indonesia.

Pada kesempatan kali ini sebanyak 4 cabang diperlombakan, yakni IT Fest, S-Com, Creation, dan E-Sport. Untuk juara yang berhasil diraih mahasiswa PENS sendiri termasuk dalam cabang IT Fest. Tim yang berhasil membawa juara tersebut yaitu dua mahasiswa dari Program studi Teknologi Game, Fifi Maghfirotun Nisa’ dan Siti Julaekha dalam kategori Pengembangan Game. Sedangkan untuk kategori Desain Web sebanyak tiga mahasiswa dari Program Studi Teknik Informatika yakni Mega Putri Darta, Muhammad Fagi, serta Rizky Putra Ramadhan.

Perlombaan tahun ini mengangkat tema “Kreatif teknologi Informasi dalam Pengembangan Edukasi di Indonesia”. Untuk desain web yang dibuat oleh tim dari PENS diberi nama Education Stop-Bullying (ES-Bully), web ini merupakan edukasi tentang bullying. Dengan tujuan untuk memberikan edukasi dan meningkatkan kesadaran tentang bullying kepada masyarakat.  Hal ini termotivasi dari banyaknya kasus bullying yang terjadi di Indonesia.

Untuk kriteria penilaiannya sendiri mulai dari kesesuain tema, desain interface, kreativitas, originalitas, fitur dan inovasi web, penataan source code, estetika, serta fungsionalitas. “ Perlombaan ini kami ikuti guna menambah pengalaman, portofolio, juga meningkatkan jiwa bersaing antar mahasiswa,” ujar Fifi Maghfirotun Nisa’. Diharapkan dengan usainya perlombaan ini bisa menjadi motivasi para mahasiswa untuk terus mengikuti banyak perlombaan juga  mengharumkan nama PENS di kancah Nasional maupun Internasional. (msa)