Surabaya, pens.ac.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) kembali gelar kegiatan pelatihan kompetensi bertajuk Digital Talent Scholarship (DTS) 2019. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kembali digandeng untuk adakan DTS Vocational School Graduate Academy (VSGA) Batch 2 ini. Usai berlangsung selama satu bulan, Kamis (14/11), kegiatan ini secara resmi berakhir dengan digelarnya Penutupan VSGA Batch 2 yang bertempat di Ruang Teater Gedung D3 PENS.

Kegiatan dimulai pada pukul 09:00 WIB dan dihadiri oleh perwakilan Kemenkominfo, Direktur PENS, dan juga seluruh peserta pelatihan. Mengawali kegiatan, seluruh hadirin menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Ustadz Imamul Arifin, LC, M.HI. Sambutan dan penutupan secara simbolik lalu dilakukan oleh Direktur PENS, Dr. Zainal Arief, S.T., M.T.

Pada pelaksanaan VSGA Batch 2 ini, PENS diamanahi untuk melakukan tiga skema pelatihan yaitu Junior Mobile Programmer, Junior Network Administrator, dan Junior Graphic Designer. Adapun peserta kegiatan berasal dari lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Sebanyak 74 peserta merupakan peserta terpilih setelah melalui tahap Seleksi Administrasi dan Tes Substansi. “Program ini merupakan program pemerintah sebagai pengakuan kompetensi para lulusan SMK dengan sertifikasi dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP),” ujar Kepala UPT Uji Kompetensi PENS, Aries Pratiarso.

Seluruh peserta telah mendapatkan pelatihan selama kurang lebih satu bulan. Selain pelatihan, para peserta juga menjalani Tes Uji Kompetensi. Tes ini merupakan parameter kelulusan para peserta dalam sertifikasi kompetensi pada DTS VSGA.

Pada penghujung kegiatan, juga terdapat penyerahan sertifikat secara simbolis kepada peserta oleh Direktur PENS. Keikutsertaan peserta pada pelatihan ini diharapkan dapat menjadi sebuah bekal bagi mereka untuk nantinya terjun ke dunia kerja. “Nantinya para peserta yang sudah dianggap kompeten bisa memanfaatkan sertifikat yang mereka dapat dari program ini,” imbuh Aries. (res)