Malang, pens.ac.id – Mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kembali unjuk kebolehan di bidang informatika. Pada ajang Information and Communication Technology (ICT) 2019 di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, Tim JOSS dan Tim Tahu Tech dari Program Studi Teknik Informatika, berhasil meraih posisi sebagai Juara 1 dan Juara 3 kategori Innovative App Idea. Dihelat pada Minggu (10/11), kegiatan tersebut diikuti oleh perwakilan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Mengangkat tema “Innovation of Technology“, kompetisi ini terbagi menjadi tiga tahap seleksi yang terdiri dua babak penyisihan dan babak final. Dalam kesempatan ini Mahasiswa PENS bersaing dengan 25 tim terbaik  lainnya yang telah terpilih dari babak penyisihan pertama. Tim-tim yang telah lolos berkesempatan unjuk gigi memamerkan karya inovasinya dalam expo karya dihadapan para dewan juri. Tentunya, persiapan yang matang telah dipersiapkan oleh para peserta. “Beberapa persiapan telah tim kami siapkan mulai dari proposal yang menarik untuk babak pertama, x banner, powerpoint, hingga aplikasi berupa mobile yang telah diunggah ke layanan google playstore,” ungkap Anas Shofyan, Anggota Tim Tahu Tech

Setelah melewati babak tersebut, sepuluh tim terbaik dinyatakan lolos dan berhak melakukan presentasi kepada dewan juri di babak final dan terpilihlah tiga tim terbaik yang berhasil memenangkan ICT 2019 dimana dua diantaranya berhasil diraih oleh Mahasiswa PENS. Juara 1 berhasil diraih oleh Tim JOSS yang beranggota Iervan Firdiansyah, Rafly Arief Kanza dan Afauddin Juhda Azmi dengan aplikasinya yaitu Trashtic yang merupakan marketplace penyedia sampah plastik dan kerajinan sampah. Sementara, Juara 3 diraih oleh Tim Tahu Tech yang beranggotakan Anas Shofyan Martunis Fateh, Annisa Restu Kartika dan Mega Putri Rahmawati Darta dengan aplikasinya yakni Tutor Teknik.

“Selain mendapat banyak teman baru, saya dan teman-teman juga berlatih bagaimana mengelola kerjasama tim yang baik,” ujar Iervan, Ketua Tim JOSS. Pada kesempatan itu, mereka berharap agar karya inovasi atau aplikasi yang telah mereka buat dapat terus dikembangkan dan diimplementasikan oleh seluruh masyarakat. Mereka juga berharap agar mahasiswa PENS lainnya tetap terus berkarya untuk mengharumkan nama kampus PENS. (zah/dya)