Surabaya, pens.ac.id – Lima Tim PENS mengikuti Monitoring dan Evaluasi Eksternal Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) KBMI 2019. Monev eksternal KBMI 2019 ini dilaksanakan di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), bertempat di Gedung SAC ITS, kegiatan ini diikuti oleh seluruh tim dari Perguruan Tinggi Kota Surabaya dan sekitarnya yang menerima pendanaan KBMI 2019. Ada 42 tim yang lolos pendanaan KBMI, mereka mengikuti monitoring dan evaluasi KBMI 2019.

Monev KBMI 2019 bertujuan untuk mengetahui perkembangan usaha yang didirikan oleh mahasiswa yang telah mendapatkan dana dari KBMI. Selain itu, reviewer monev yang terdiri dari dosen berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang telah ditunjuk oleh Kemenristekdikti juga memberikan ilmu tentang kewirausahaan kepada tim-tim yang menjalani monev.

Dari PENS sendiri terdapat 5 Tim yang mendapat pendanaan, diantaranya adalah tim At-Siv Cultivation, Ss-hydro, Mechabots, Nastiz Electronic, dan Imront (Industrial Mobile Robot Transporter). Kelima tim tersebut mempresentasikan progres bisnis mereka dihadapan reviewer. Waktu yang diberikan untuk mempresentasikan usaha dari masing-masing tim yaitu 10 menit presentasi dan 10 menit untuk tanya jawab.

Selain itu, reviewer juga memberikan saran dan kritik kepada masing-masing peserta agar dapat lebih mengembangkan bisnis mereka. Dari kategori usaha yang terdapat pada KBMI para reviewer sangat tertarik dengan usaha yang berjalan di bidang teknik, bahkan terdapat salah satu reviewer menawarkan untuk memberikan kontaknya agar dihubungi salah satu tim dari PENS untuk di ajak berkerja sama. (hum)