Surabaya, pens.ac.id – Dalam rangka memperkenalkan program kewirausahaan kepada mahasiswa terutama mahasiswa baru 2019, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah usai mengadakan kegiatan rutin tahunan yakni Sosialisasi Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), Program Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI), dan Startup pada Rabu (6/11). Dengan menghadirkan Felix Pasila, S.T., M.Sc., Ph.d. sebagai pemateri, kegiatan ini berlangsung di Ruang Teater Gedung D3 PENS.

Bertujuan untuk membekali serta menumbuhkan jiwa entrepreneur pada mahasiswa PENS, kegiatan ini dimulai pada pukul 18.00 WIB dan dibuka dengan sambutan oleh Muhammad Fadhillah Rais selaku Presiden BEM PENS serta Dimas Okky Anggriawan, S.T., M.T. sebagai perwakilan dari Ir. Anang Budikarso, M.T. selaku wakil bidang kemahasiswaan.

Rangkaian kegiatan selanjutnya yakni penjelasan secara singkat mengenai pengertian, tujuan, serta alur dari masing-masing program kewirausahaan oleh Diah Septi Yanaratri, S.ST, M.T. selaku Pembina Kewirausahaan PENS. Dilanjutkan dengan Felix Pasila, S.T., M.Sc., Ph.d. yang memaparkan materinya mengenai Bussiness Motivation. “Disini tugas saya memberi motivasi untuk mahasiswa PENS supaya dapat merubah mindset dari worker menjadi entrepreneur atau bahkan startup founder. Karena saya lihat mereka memiliki kapasitas yang baik serta fasilitas kampus yang cukup untuk mereka dapat berkembang,” ujar Felix Pasila, S.T., M.Sc., Ph.d.

Meskipun dikenal sebagai kampus teknik juga kampus robotik, namun hal tersebut  tidak menutup kemungkinan jika mahasiswa PENS memiliki kelebihan pada bidang lain yakni kewirausahaan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya antusias peserta yang turut serta dalam kegiatan sosialisasi ini. “Untuk antusias peserta dari segi kuantitas sangat memenuhi, sempat kaget juga awalnya karena pada sosialisasi sebelumnya pesertanya tidak sebanyak ini,” ungkap Muhammad Nizam Choirur Rizak selaku Penanggung Jawab.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat menjadikan wadah bagi mahasiswa PENS yang memiliki ide usaha namun tidak dapat merealisasikannya. “Saya harap semakin banyak mahasiswa yang mengenal berbagai program kewirausahaan di PENS, sehingga untuk mereka yang memiliki ide-ide usaha tidak bingung lagi untuk memulainya,” tutur Diah Septi Yanaratri, S.ST, M.T. (kik/msa)