Surabaya, pens.ac.id – Guna membekali mahasiswa mengenai proses editing film, Program Studi D3 Teknologi Multimedia Broadcasting (MMB) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai  menggelar kegiatan bertajuk The World of Editing. Dihelat pada kamis (7/11), kegiatan ini bertempat di Ruang Teater Gedung D3 PENS dan diikuti oleh mahasiswa MMB dari berbagai angkatan. Dengan menghadirkan Sabine Eckhard dari Jerman sebagai pemateri, para mahasiswa dapatkan banyak hal  terkait editing dalam dunia perfilman.

Menurut Fardani Annisa Damastuti, S.ST., M.T., selaku penanggung jawab, kegiatan ini diadakan untuk mengajak mahasiswa PENS agar lebih memahami proses editing film. Selain teknik pengambilan gambar, proses editing merupakan bagian penting yang wajib dipahami saat pembuatan film. “Kegiatan ini dapat membatu mahasiswa agar film yang dibuatnya memiliki unsur teknik, karena sekarang banyak yang membuat film dengan maksud kekinian namun ternyata tidak sesuai dengan aturan,” ujar Fardani Annisa Damastuti, S. ST., M.T.

Dalam kegiatan ini Sabine Eckhard memberi pemaparan mengenai editing film yang merupakan bagian dari pasca produksi dalam proses pembuatan film. Sejarah dari proses editing film dan teknik pengambilan gambar pun turut dipaparkan kepada mahasiswa yang hadir.  Selain itu, mahasiswa juga dikenalkan mengenai teknologi yang digunakan dalam proses editing, mulai dari sebelum dikenalnya teknologi digital hingga saat ini yang menggunakan berbagai aplikasi sehingga editor dapat leluasa bereksperimen dalam pembuatan filmnya.

Diharapkan dengan berbagai pemaparan mengenai gaya editing yang baik dapat menambah wawasan mahasiswa agar dapat belajar lebih giat lagi dalam sisi tekniknya. “Banyak pesan dari industri pertelevisian kepada kami untuk membekali mahasiswa belajar mengenai perfilman, sehingga dengan hadirnya Sabine Eckhard dapat memberi bekal bagi mereka untuk kedepannya,” imbunya.(raf/msa)