Surabaya, pens.ac.id – Dalam rangka mempersiapkan mahasiswa untuk terjun juga bersaing dalam dunia kerja nantinya, Program Studi Teknik Mekatronika usai menghelat Kuliah Tamu bertajuk “ Etika Profesi dan Keterampilan Komunikasi untuk Memasuki Dunia Kerja Era 4.0 “. Turut menghadirkan Indriana Siswanti selaku Corporate Communication Superintendent dari PT. Solusi Bangun Indonesia, kegiatan berlangsung pada Senin (11/11). Dihelat di Ruang Teater Gedung D3 PENS dengan dihadiri mahasiswa Teknik Mekatronika dari berbagai angkatan.Dibuka pada pukul 09.00 WIB, kegiatan diawali dengan sambutan dari Kepala Departemen Teknik Mekanika dan Energi yakni Didik Setyo Purnomo, ST., M.Eng. Dilanjutkan juga sambutan dari Kepala Program Studi Teknik Mekatronika yaitu Endah Suryawati Ningrum , ST., MT.. Pada sesi penyampaian materi oleh Indriana Siswanti, dijelaskan terkait tujuan, prinsip keterampilan, hingga strategi komunikasi di era digital.

Menurut beliau materi yang disampaikan tersebut sangat penting untung persiapan para mahasiswa sebelum terjun di dunia kerjanya. Berbagai pengalaman pun disampaikan beliau guna berbagi kepada para mahasiswa. “Ketika kita sedang berkomunikasi dengan orang lain, etika merupakan hal yang sangat penting. Mulai dari bagaimana kita berbicara hingga pemahaman siapa saja sasaran orang yang sedang berkomunikasi dengan kita. Hal tersebut perlu untuk diperhatikan,” tutur  Indriana Siswanti.

Usai berbagai materi disampaikan, berbagai tips komunikasi juga kesimpulan diberikan seperti bagaimana pentingnya tata krama, penyampaian pesan, dan bagaimana menjaga privasi dari perusahaan maupun perorangan. “ Untuk memasuki dunia kerja, wawasan ini perlu diberikan. Diera industri 4.0 ini, komunikasi merupakan salah satu hal yang perlu disiapkan oleh mahasiswa,” ujar Farid Gamar S.T., M.T, Dosen Teknik Mekatronika.Pemberian cinderamata, sesi tanya jawab dan foto bersama menjadi simbolis ditutupnya kegiatan kuliah tamu. Dengan berakhirnya kegiatan ini diharapkan bisa menambah wawasan dan pandangan kepada para mahasiswa untuk siap bersaing dengan memahami berbagai aspek komunikasi. (msa)