Malang, pens.ac.id – Sabtu (2/11), mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kembali berhasil menorehkan prestasinya. Tidak hanya kerap menjuarai lomba dibidang teknologi, kali ini tiga mahasiswa Program Studi D4 Sistem Pembangkit Energi (SPE) yakni Moch. Faqih, Zain Alwan Wima I dan Ikhsan Mahardhika U, sukses buktikan kemampuanya di bidang bisnis, dengan berhasil meraih kategori Best Presentation di ajang SEC Business Competition (SBC) 2019. Bertempat di Universitas Brawijaya (UB) Malang, kegiatan ini diikuti oleh perwakilan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Mengusung tema Inovasi dan Kreativitas Generasi Milenial melalui SDGs 2030 di Era Revolusi Industri 4.0, Moch. Faqih mengaku bahwa ia dan tim telah melakukan beberapa persiapan yang wajib dipenuhi. Sebelum kompetisi, mereka sepakat untuk mengangkat ide mengenai Batik Electric Bag (BE-Bag) sebagai karya yang akan mereka bawa. Lalu, mereka mulai mengumpulkan data berkaitan dengan teori-teori yang mendukung ide tersebut, juga tidak lupa menyiapkan desain powerpoint yang menarik beserta video advertisement sebagai pendukung.

Kompetisi SBC ini terbagi menjadi dua tahap. Tahap pertama adalah pengiriman dan seleksi proposal. Menurut Moch. Faqih, pada tahap ini terdapat 31 judul proposal yang masuk ke panitia. Kemudian, diumumkan 12 terbaik untuk lanjut pada tahap final. Tahap final terdiri dari beberapa ragkaian kegiatan yaitu technical meeting, presentasi, field trip, kemudian gala dinner dan pengumuman pemenang lomba. Antusiasme peserta yang cukup tinggi terlihat ketika sesi presentasi, dimana setiap tim saling show up keunggulan tim masing-masing

“Di era ini, technopreneur merupakan salah satu pekerjaan yang menjanjikan. Sehingga, itu yang menjadi alasan saya untuk selalu mengembangkan pengetahuan saya di bidang bisnis,” ungkap Faqih. Melalui event tersebut, Faqih dan tim berharap agar karya mereka bisa terus dikembangkan dan dapat diikutkan pada Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) dan Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) tahun depan. (zah/tts)