Malang, pens.ac.id – Mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kembali torehkan sebuah prestasi. Tim K.kid Dynasty yang berasal dari tiga mahasiswa Program Studi Teknik Informatika, yakni Rifqi Dwi Achsani Taqkwim, Dea Niar Misdayuni, dan Muhammad Izzat berhasil membawa pulang Penghargaan Best Director Cinematography pada event Gebyar Information and Communication Technology (ICT) 2019. Dihelat oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, kegiatan berlangsung pada Sabtu (2/11) di Ruang Milenial Coworking Space, Malang.

Merupakan event tahunan yang bertujuan untuk menyalurkan inovasi, kreativitas, dan keterampilan di bidang teknologi mahasiswa khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya, Gebyar ICT ini terbagi menjadi tiga kategori perlombaan yaitu Cinematography, Innovative Apps Idea, dan Micro Drone Race. Secara garis besar, peserta dituntut untuk dapat menciptakan karya yang memiliki kebermanfaatan sekaligus menjadi daya tarik bagi masyarakat luas.

Video dokumenter dari Tim K.kid Dynasty menceritakan tentang mental illness yang kerap menimpa remaja. Latar belakang dibuatnya video tersebut, dikarenakan kurangnya wawasan dan kepedulian dari mahasiswa terhadap pengobatan serta pencegahan dari penyakit gangguan mental tersebut. Video yang berjudul “Kamu Tidak Sendirian” ini, mengambil narasumber dari beberapa mahasiswa PENS yang dulunya pernah melawati fase mental illness. Dengan harapan, dapat membantu remaja untuk lebih memahami mengenai gangguan kepribadian berupa gejala–gejala awal, cara pencegahan, dan penyembuhannya.

“Walaupun tidak sesuai dengan bidang kuliah, tetapi kita masih mempunyai skill dan hobi yang pada akhirnya dapat membuat sebuah karya yang berguna bagi orang banyak kedepannya,” ujar Rifqi selaku salah satu anggota tim. Rifqi turut menambahkan bahwa ia berharap agar bisa memotivasi mahasiswa lainnya untuk lebih percaya diri dalam mengasah dan mengembangkan skill yang ada, disamping bidang keahliannya. (raf/biy)