Malang, pens.ac.id – Prestasi membanggakan kembali hadir dari bidang ke-olahragaan. Dari cabang olahraga catur, Alif Fajar Nur Rohim dari Program Studi D4 Sistem Pembangkit Energi berhasil meraih juara harapan lima bidang perorangan blitz pada ajang Turnamen Catur Raja Brawijaya (TCRB) 2019 tingkat Nasional. Bertempat di Universitas Brawijaya (UB) Malang, kompetisi ini diikuti oleh beberapa mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Kompetisi ini berlangsung selama tiga hari, terhitung sejak Jumat (1-3/11).

Pada ajang tersebut Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) mengirim empat delegasi di bidang yang berbeda, yaitu beregu blitz, beregu rapid, perorangan blitz dan perorangan rapid. Menurut Alif,  ia termasuk dalam cabang perlombaan bidang perorangan blitz. Pada cabang tersebut, kompetisi terbagi menjadi tujuh tahap dengan menggunakan sistem swiss. Pada setiap tahapnya, ia telah lima kali menang dan dua kali kalah pada babak ke-empat dan ke-enam.

Sebelum kompetisi, Alif mengaku telah melakukan persiapan yang cukup. Mulai dari segi meningkatkan intensitas latihan, menambah referensi dari video maupun buku bacaan. Mendapuk juri yang berasal dari wasit nasional Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI), kompetisi berlangsung menegangkan juga menyenangkan. Semua peserta melalui setiap tahap seleksi secara kondusif dan maksimal.

“Meningkatkan prestasi, membanggakan nama kampus, dan menambah pengalamanan untuk persiapan PORSENI tahun depan adalah tujuan saya mengikuti ajang ini,” ujar Alif. Ia berharap agar bisa lebih berprestasi dan memotivasi mahasiswa lain khusunya yang memiliki minat di bidang olahraga catur untuk ikut berprestasi sehingga dapat mengharumkan nama kampus PENS di kancah Nasional. (zah/msa)