Surabaya, pens.ac.id – Berhasil menjadi satu-satunya Politeknik yang masuk 10 besar dalam ajang bergengsi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-32, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) berupaya untuk meningkatkan minat mahasiswa dalam Program Kreativitas  Mahasiswa (PKM) mendatang. Untuk mendukung hal tersebut Kementerian Riset dan Teknologi (Ristek) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM PENS) telah usai menghelat Sosialisai PKM 5 Bidang dan AI-GT-GFK pada Jumat (1/11). Bertempat di Ruang Auditorium Gedung Pascasarja PENS, acara ini dih oleh mahasiswa baru PENS angkatan 2019.

Dibuka oleh Ir. Anang Budikarso, M.T. selaku Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan, pertama kali peserta disuguhi talkshow yang diisi oleh tim Fork-IIAGV. Tim yang berhasil masuk dalam kategori Program Kreativitas Mahasiswa Penerapan Teknologi (PKM-T) ini, berhasil meraih Medali Emas kategori Presentasi dan Medali Perak kategori Poster pada PIMNAS ke-32.

Dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Drs. Bandung Arry S., MI.Komp. yang merupakan Judges juga Reviewer Monitering dan evaluasi (Monev) Eksternal PIMNAS ke-32 dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS). Materi yang disampaikan meliputi pengenalan macam-macam kategori PKM, aturan penulisan proposal, kriteria juga alokasi pendanaan, serta mekanisme seleksi pada tahap PIMNAS. Disamping itu, beliau juga memberikan tips kepada peserta yang hadir agar bisa sukses menuju PIMNAS serta strategi proposal PKM untuk berhasil didanai.

Dipenghujung acara turut diberikan penyerahan hadiah kepada himpunan mahasiswa dengan peserta yang hadir terbanyak, mahasiswa yang aktif bertanya dan pe-review materi. Dengan berakhirnya kegiatan ini , diharapkan bisa memberi motivasi mahasiswa baru untuk meningkatkan minat dan bakatnya dalam ajang PKM, sehingga membuahkan hasil berupa meningkatnya prestasi PENS pada PIMNAS ke-33 mendatang.  “Banyak sekali yang didanai pada PKM ini yang bisa mengantarkan mahasiswa menjadi kreatif. Apalagi sudah disosialisasikan sejak awal yang tentunya dapat menjadi bekal mahasiswa agar lebih baik lagi,” ujar Drs. Bandung Arry S., MI.Komp. sebagai pemateri.(raf/msa)