Malang, pens.ac.id – Prestasi gemilang tak henti-henti ditorehkan mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) di tingkat Nasional. Kali ini datang dari Abdillah, seorang mahasiswa Program Studi Teknik Mekatronika yang berhasil mendapatkan Juara 1 kategori Speech Competition pada ajang English Annual Student Tournament (EAST) 2019. Bertempat di Universitas Brawijaya, Malang, kompetisi tersebut berlangsung selama dua hari (26-27/10) dan diikuti oleh perwakilan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Mengangkat tema “Divergent”, kompetisi ini dibagi menjadi empat babak penyisihan. Babak pertama yaitu prelim satu, yang mana peserta diminta untuk membawakan speech yang telah disiapkan terlebih dahulu. Abdillah mengaku telah berusaha maksimal sesuai dengan apa yang dilakukannya selama latihan. Kemudian semua peserta diarahkan untuk mengikuti prelim dua dimana peserta diberikan topik, yang kemudian selama 30 menit diharuskan untuk mempersiapkan materi speech yang akan dibawakan berdasar topik yang diberikan.

Setelah diambil sebanyak delapan peserta terbaik untuk melaju ke babak semifinal, mekanisme pada babak ini masih sama seperti pada prelim sebelumnya. Pada babak final, lima peserta terpilih harus membawakan speech yang telah dipersiapkan sebelumnya. Diakhir kegiatan, penyerahan hadiah dilakukan usai diumumkan tiga peserta terbaik yang kemudian menjadi pemenang pada kompetisi kali ini.

Abdillah mengaku bahwa dia sangat bangga atas apa yang telah dia capai, karena perjuangan yang telah dia lakukan selama ini. “Jangan berharap untuk menang jika hanya berlatih satu kali, namun jika berlatih sudah 100 kali, kamu baru diperbolehkan untuk berharapa menang,” imbuhnya. Bagi Abdillah, salah satu kunci kemenangan adalah pada seberapa besar komitmen kita untuk selalu meluangkan waktu untuk berlatih sehingga kita mengetahui apa saja yang harus diperbaiki, dan dapat menampilkan yang maksimal pada saat kompetisi. (zah/biy)

wpChatIcon
EnglishIndonesian