Surabaya, pens.ac.id – Pada Senin (28/10), Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah usai menyelenggarakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda 2019. Bertempat di Lapangan Merah Gedung D3 PENS, upacara ini diikuti oleh seluruh Mahasiswa Baru Angkatan 2019. Dimulai pada pukul 07.00 WIB, upacara dipimpin langsung oleh Dr. Zainal Arief, S.T., M.T. selaku Direktur PENS.

Selain diikuti oleh mahasiswa baru, upacara juga dihadiri oleh dosen, staff, dan karyawan PENS. Berlangsung selama satu jam, upacara berjalan secara khidmat. Prosesi upacara dimulai dengan pengibaran bendera dengan diiringi Lagu Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan pelantunan Mengheningkan Cipta. Tidak hanya itu, pada momen ini juga turut dibacakan Keputusan Kongres Pemuda 1928 oleh petugas upacara.

Upacara kali ini mengusung tema “Bersatu Kita Maju”. Sambutan dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) juga dibacakan oleh Direktur PENS. Pada sambutan ini, disebutkan bahwa tema yang diusung guna menegaskan kembali komitmen yang telah diikrarka oleh para Pemuda Indonesia pada tahun 1928 silam.

Upacara ini merupakan salah satu wujud kontribusi PENS sebagai suatu institusi dalam membangun karakter pemuda Indonesia. Dengan digelarnya upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda ini, mahasiswa sebagai pemuda diharapkan dapat berkaca pada perjuangan pemuda di masa lalu dalam upaya mewujudkan Indonesia yang lebih maju. “Saya setuju bahwa setiap pemuda harus bisa mengambil satu langkah besar, untuk kemajuan bangsa kedepannya,” ujar Ihza Adelia Asronika, salah satu peserta upacara.(zah/res)

wpChatIcon
EnglishIndonesian